Kapolrestabes Medan Kombes Gidion Arif Setyawan dan Kapolsek Medan Baru Kompol Yayang Rizki Pratama mengajak warga Sari Rejo, Medan Polonia untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) bersama-sama.

“Menjaga kamtibmas adalah tanggungjawab bersama dan bukan hanya tugas aparat keamanan,” kata Kombes Gidion Arif Setyawan saat menggelar kegiatan Jumat Curhat Polrestabes Medan di Kelurahan Sari Rejo, Medan Polonia, Kota Medan, Jumat (25/10) malam. 

Dia mengatakan, pihaknya mendukung diberlakukannya sistem keamanan lingkungan (siskamling), dalam tanggung jawab bersama dalam menjaga keamanan di lingkungan.

“Kepolisian mendukung pemberlakuan siskamling sebagai bentuk kesadaran bersama dan mencerminkan kekompakan warga,” ujarnya. 

Ia menambahkan, dinamika sosial saat ini menunjukkan tingginya angka kejahatan, termasuk pencurian dan perampokan.

Dalam kesempatan tersebut, Gidion menceritakan pengalaman saat bertugas di Jakarta Utara, di mana seorang warga meninggal dunia tanpa diketahui tetangganya selama seminggu. 

“Hal ini mungkin bisa dicegah jika antar tetangga saling kompak,” jelas pria yang pernah menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Utara.

Gidion mengapresiasi upaya masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan. 

“Kerja sama ini harus terus dirawat dan ditingkatkan agar kamtibmas di wilayah kita tetap aman,” tuturnya.

Ia juga menanggapi kebutuhan Poskamling yang masih kekurangan peralatan, seperti senter dan jaket hujan, serta berjanji akan memberikan dukungan, termasuk memasang CCTV. 

“CCTV-nya yang mengarah ke jalan, bukan yang lain-lain,” candanya disambut tawa warga.

Lurah Sari Rejo Edi Gunawan mengungkapkan bahwa kerjasama antara kepolisian dan masyarakat di wilayah mereka sudah berjalan dengan baik. 

“Bahkan, Kapolsek Medan Baru telah membangun budidaya lele untuk mendukung perekonomian masyarakat,” katanya.

Kegiatan diakhiri dengan santap bersama, menikmati hidangan tradisional seperti ubi dan pisang rebus serta kopi, sembari mengamati aktivitas budidaya lele dan maggot di kolam yang dikelola oleh Kapolsek Medan Baru Kompol Yayang Rizki Pratama.

Pewarta: Aris Rinaldi Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024