Sampel tanah ruas Jalan Lintas Sumatera di Batu Jomba, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Sumatera Utara diambil untuk diteliti.

"Kita ingin mengetahui jenis lapisan tanahnya. Ini masih dilakukan," ujar Manaek Manalu, Kepala Satuan Kerja Pelayanan Jalan Nasional Wilayah 2 (PJNW), Tarutung - Padangsidimpuan kepada ANTARA dalam pesan singkatnya melalui Whatsapp, Sabtu (26/10).

Sampel tanah yang di ambil para pekerja dari sejumlah titik dari bawah badan jalan nasional itu dengan menggunakan mata bor bermesin.

Sejumlah personel aparat kepolisian dari satuan lalu lintas Polres Tapsel juga tampak berjaga-jaga demi kelancaran arus lalu lintas.

Baca juga: Uji coba lancar, kendaraan sudah mulai melintasi jalur lintas Sumatera Batu Jomba

Baca juga: Penasaran keadaan jalan lintas Sumatera Batu Jomba saat ini? begini penampakanya

Kasat Lantas Polres Tapsel AKP Danil Saragih mengatakan, "jalur lintas tengah Sumatera via Toba (Batu Jomba) masih lancar-lancar saja.

Hanya saja peruntukkan kendaraan roda dua dan empat atau bertonase dua ton ke bawah.

Diketahui, ruas jalan nasional Batu Jomba, berada di patahan sesar aktif Sumatera, kerap turun rusak.

"Kendaraan di atas 2 ton masih di larang melintas. Jalur  alternatif," tegas Danil.

Demi menjaga kelancaran arus lalu lintas, kata Danil, sejumlah personel dari aparat kepolisian dibantu dinas perhubungan Tapsel, dan Satpol PP Tapsel bertugas memantau/mengawasi di ruas jalan Batu Jomba dalam 1x24 jam. 

 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024