Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni berharap Universitas Sumatera Utara (USU) terus produktif dalam melahirkan generasi unggul yang dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

"Dengan usia ke-72 saya berharap USU dapat berkontribusi mewujudkan Indonesia Emas 2045 dengan membangun ekosistem pendidikan yang lebih berkualitas," ujar Agus Fatoni di Medan, Rabu.

Menurut dia, untuk mencapai Indonesia Emas 2045 seluruh pemangku kebijakan terkait harus membangun ekosistem pendidikan yang berkualitas. Dengan ekosistem itu USU dinilai mampu mewujudkannya.

"Tentunya kita berharap USU dapat mengemban amanah itu," kata Agus Fatoni.

Ia mengatakan pemerintah provinsi setempat terus berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan. Pemprov Sumut menjadikan pendidikan sebagai program prioritas pembangunan untuk meraih sumber daya manusia unggul.

USU memperingati Dies Natalis ke-72 yang mengambil tema "Perkuat Ekosistem Pendidikan Tinggi Meraih Indonesia Emas".

Rektor USU Prof Muryanto Amin mengatakan tema ini untuk menggelorakan semangat kolaborasi antarseluruh unsur di bidang pendidikan tinggi.

"Mengingat generasi muda yang saat ini dibentuk melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi akan menjadi pemimpin masa depan Indonesia yang sering digaungkan sebagai generasi emas," ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024