Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara mengusulkan surat suara yang akan digunakan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 sebanyak 223.582 lembar.

Ketua KPU Tapanuli Selatan Zulhajji Siregar mengatakan usulan itu berdasarkan jumlah daftar pemilih tetap (DTP) yang tersebar di wilayah itu.

"Jumlah tersebut sudah termasuk tambahan 2,5 persen dalam daftar pemilih tambahan (DPTb)," ujar Zulhajji saat dihubungi, di Medan, Rabu.

Dia membeberkan berdasarkan rapat pleno rekapitulasi jumlah daftar pemilih tetap di wilayah itu sebanyak 218.128 pemilih.

Masyarakat yang akan menggunakan hak suaranya itu, kata dia, tersebar di 671 tempat pemungutan suara yang terdiri dari 15 kecamatan dan 248 desa maupun kelurahan.

Zulhajji mengatakan bahwa hingga saat ini KPU Tapanuli Selatan masih menunggu kiriman logistik surat suara Pilkada 2024 tersebut.

Pihaknya baru menerima kiriman lima jenis logistik yang akan digunakan pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 27 November 2024.

"Sejak akhir September 2024, kami sudah menerima lima jenis logistik tahap pertama untuk Pilkada 2024," kata dia

Ia merinci lima jenis logistik yang telah diterima itu masing-masing sebanyak 8.723 kabel ties, 2.680 bilik suara, 1.372 kotak suara, 33,017 lembar segel, dan 1.342 botol tinta.

Untuk surat suara, Zulhajji mengatakan masuk pendistribusian tahap kedua yang hingga saat ini masih proses cetak di perusahaan penyedia.

Pada Pilkada 2024 di Tapanuli Selatan diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati yakni pasangan Gus Irawan - Jafar Syahbuddin nomor 1 dan Dolly - Parulian nomor urut 2.

Pasangan Gus Irawan - Jafar Syahbuddin diusung oleh 12 partai yang terdiri dari Partai Golkar, Gerindra, PDIP, PAN, Hanura, Nasdem, PPP, PSI, PKN, PKS, PKB, dan Demokrat. Sedangkan pasangan Dolly - Parulian akan bertarung melalui jalur perseorangan.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024