Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Pemkab Madina) di bawah kepemimpinan Sukhairi-Atika (SUKA) melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan telah membangun 103 rumah sederhana sehat dalam dua tahun terakhir, 2022-2023. Sebelumnya rumah-rumah itu masuk kategori Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

"Dalam dua tahun terakhir (2022 - 2023) Pemkab Madina sudah membangun 103 rumah sederhana sehat. Program pembangunan RTLH ini merupakan anggaran pemerintah daerah dan sudah dibangunkan," kata Kepala Dinas Perkim serta Pertanahan Madina Rully Andri, Rabu (9/10)

Dia menjelaskan, program bedah rumah juga berlangsung pada tahun ini. Namun untuk prosesnya saat ini baru tahap sosialisasi dan pembukaan buku rekening calon penerima dan diharapkan pada bulan ini sudah bisa dimulai pembangunannya.

Untuk calon penerima, lanjut Rully, dimulai dari tingkat desa yang kemudian diajukan ke kecamatan dan diteruskan ke Dinas Perkim. Nantinya, para calon penerima akan diseleksi sesuai dengan syarat yang ditentukan. 

"Dasarnya nanti keputusan bupati," tambahnya.

Dia berharap program bedah rumah ini bermanfaat bagi penerima. Kepada penerima juga diharapkan untuk menjaga dan merawatnya dengan sebaik-baiknya.

Berdasarkan data dinas tersebut, di tahun 2022, ada 53 rumah yang dibedah yang tersebar di Kelurahan Panyabungan II sebanayak 5 unit, Kelurahan Sipolupolu 8 unit, Kelurahan Kota Siantar 8 unit, Desa Iparbondar 3 unit, Desa Gunungtua Julu 4 unit, Desa Gunungtua Panggorengan 7 unit dan Desa Gunungtua Tonga 4 unit.

Kemudian di Desa Panyabungan Tonga 4 unit, Desa Parbangunan 4 unit, Kelurahan Dalan Lidang 3 unit dan Desa Barbaran Jae 3 unit.

Sedangkan untuk tahun 2023 ada sebanyak 50 rumah yang tersebar di Desa Sayur Matua 3 unit, Pastap Julu 2 unit, Kelurahan Sipolupolu 5 unit, Kelurahan Panyabungan I, 3 unit, Kelurahan Panyabungan II, 3 unit, Kelurahan Panyabungan III, 3 unit, Kelurahan Dalan Lidang 3 unit, dan Desa Huta Lombang Lubis, 3 unit.

Selanjutnya di Desa Siobon Jae 2 unit, Desa Siobon Julu 2 unit, Desa Gunung Manaon 1 unit,  Desa Pidoli Lombang 2 unit,  Desa Panyabungan Julu 3 unit, Desa Gunungtua Jae, 3 unit, Desa Mompang Julu, 1 unit, Desa Huraba II, 3 unit, Desa Muara Pungkut, 3 unit, dan Desa Saba Dolok 3 unit.

Pewarta: Holik

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024