Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara mengagendakan dua kali debat publik pasangan calon bupati dan wakil bupati  pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Begitu juga kita juga melihat dari kemampuan anggarannya dan segala aspek. Jika memungkinkan dua kali, kalau tidak minimal satu kali," ujar Ketua KPU Tapanuli Selatan Zulhajji Siregar saat dihubungi di Medan, Selasa.

Zulhajji Siregar mengatakan bahwa debat publik pasangan calon bupati dan wakil bupati tersebut saat ini masih tahap pembahasan termasuk tema yang akan digunakan.

Nantinya, kata dia, pihaknya akan membentuk tim perumus pelaksanaan debat pasangan calon bupati dan wakil bupati tersebut guna menyusun formula debat tersebut.

Dia membeberkan, tim perumus tersebut melibatkan tiga unsur mulai dari akademisi, kalangan profesi hingga tokoh masyarakat, mereka bakal menyusun mengenai pelaksanaan debat nanti

"Rencananya, debat publik akan kita gelar akhir Oktober 2024. Untuk tema tengah dirumuskan melibatkan dari berbagai unsur masyarakat," kata dia.

Pihaknya meminta seluruh elemen masyarakat untuk bersabar menunggu kepastian tema, jadwal dan lokasi terkait debat publik pasangan calon tersebut.

Dia menegaskan bahwa KPU Tapanuli Selatan dan jajarannya akan bekerja secara maksimal dalam tahapan kampanye Pilkada 2024.

"Kita tengah mempersiapkan semuanya itu. Yang pasti debat akan digelar di akhir Oktober 2024," sebut dia.

Pada Pilkada 2024 di Tapanuli Selatan diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati yakni pasangan Gus Irawan - Jafar Syahbuddin nomor 1 dan Dolly - Parulian nomor urut 2.

Pasangan Gus Irawan - Jafar Syahbuddin diusung oleh 12 partai yang terdiri dari Partai Golkar, Gerindra, PDIP, PAN, Hanura, Nasdem, PPP, PSI, PKN, PKS, PKB, dan Demokrat. Sedangkan pasangan Dolly - Parulian akan bertarung melalui jalur perseorangan.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024