Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengingatkan masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat yang disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut).

"Waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Pantai Timur, Lereng Timur, Pegunungan dan Lereng Barat Sumut yang dapat berpotensi terjadinya banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya," kata Prakirawan Balai BMKG WIlayah I Medan Endah Paramita di Medan, Selasa.


Secara umum cuaca di Sumut pada Rabu (9/10) pagi, kata dia, berawan dan berpotensi hujan ringan di Batubara, Deli Serdang, Labuhanbatu, Langkat, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, dan Tapanuli Tengah.



Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sertai petir di Deli Serdang, Karo, Langkat, dan Mandailing Natal. Sementara pada malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat disertai petir di Deli Serdang, Karo, Medan, Mandailing Natal, dan Tapanuli Tengah.

Pada dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di Dairi, Deli Serdang, Karo, Labuhanbatu Selatan, Langkat, Padang Lawas, Padang Lawas Utara dan Simalungun.

Sementara Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Dasmian Sulviani menyebutkan pola angin di Perairan Sumatera bagian utara di pesisir sebelah timur umumnya bertiup dari utara hingga tenggara.



Sedangkan di pesisir sebelah barat, umumnya angin bertiup dari timur hingga barat daya dan angin bertiup dengan kecepatan 2-15 knot.

Gelombang laut di perairan Sumatera bagian utara pada umumnya di kategori rendah 0,5 - 1,25 meter seperti di Selat Malaka bagian utara, perairan Sabang - Banda Aceh, perairan Lhokseumawe, Selat Malaka bagian tengah, perairan Meulaboh - Sinabang, dan perairan Nias - Sibolga.

Sementara tinggi gelombang di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, Samudera Hindia barat Aceh, Samudera Hindia barat Nias termasuk kategori sedang 1,25 - 2,5 meter.



 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Waspada waspada hujan disertai angin kencang di Sumut

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024