Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Pemkot Medan, Sumatera Utara, membagikan bantuan pendidikan berupa beasiswa kepada 239 pelajar berprestasi di daerah ini.
 
Ketua KPRI Pemkot Medan Ahmad Basaruddin, menjelaskan beasiswa anak-anak berprestasi anggota KPRI Pemkot Medan merupakan kegiatan rutin setiap tahun.
 
"Bertambahnya penerima berarti program beasiswa KPRI Pemkot Medan ini telah sampai, baik ditingkat kecamatan maupun kelurahan," kata Ahmad, di Balai Kota Medan, Rabu.
 
Lazimnya, lanjut dia, pemberian bantuan beasiswa kepada pelajar berprestasi cuma ditingkat perangkat daerah saja, tapi kini sudah merata hingga tingkat kelurahan.
 
Pihaknya menjelaskan, bahwa jumlah penerima beasiswa tahun ini sebanyak 239 pelajar terdiri atas 102 pelajar SD, 76 pelajar SMP, dan 61 pelajar SMA.
 
Untuk tingkat SD beasiswa diberikan untuk Kelas IV naik ke Kelas V, dan Kelas V naik ke Kelas VI, sedangkan SMP untuk Kelas VII naik Kelas VIII, dan Kelas VIII naik Kelas IX, serta SMA untuk Kelas X naik Kelas XI, dan Kelas XI naik kelas XII. 
 
"Beasiswa kita berikan uang tunai untuk SD kepada Juara I Rp1,5 juta, Juara II Rp1,25 juta, dan Juara III Rp1 juta. SMP Juara I Rp1,75 juta, Juara II Rp1,5 juta, dan Juara III Rp1,25 juta. SMA Juara I Rp2 juta, Juara II Rp1,75 juta, dan Juara III Rp1,5 juta," jelas Ahmad.
 
Ketua Pengawas KPRI Pemkot Medan Muslim Harahap mengapresiasi KPRI Pemkot Medan yang eksis memberikan beasiswa anak-anak berprestasi anggota.
 
"Bantuan beasiswa ini menjadi motivasi untuk mereka dan para pelajar lainnya yang belum meraih prestasi, sehingga di tahun selanjutnya mendapat beasiswa", katanya.
 
Danis Pratama, siswa Kelas VI Madrasah Tsanawiyah Swasta Bina Santri Medan mengaku gembira mendapatkan beasiswa dari KPRI Pemkot Medan. 
 
Dirinya pun sempat bercerita bisa mendapatkan rangking II di sekolah Islam tersebut karena giat belajar.
 
"Dapat beasiswa ini menjadikan saya akan lebih belajar serius agar terus dapat meraih rangking dan berprestasi. Uang beasiswa ini akan digunakan untuk keperluan sekolah dan sebagian di tabung," ujarnya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024