Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni mengatakan deklarasi Pilkada damai merupakan komitmen bersama dalam menyukseskan pesta demokrasi yang akan berlangsung 27 November 2024.

Agus Fatoni menyampaikan itu saat deklarasi Pilkada damai 2024 yang dihadiri calon gubernur dan wakil gubernur, Forum Komunikasi Daerah Sumatera Utara dan pemangku kebijakan terkait lainnya, di Medan, Rabu.

"Acara ini tekad kita bersama dalam melaksanakan Pilkada Sumatera Utara yang aman, lancar dan sukses," ujar Agus Fatoni.

Menurutnya, melaksanakan pesta demokrasi yang aman, damai dan sukses membutuh peran seluruh elemen masyarakat.

Dia mengatakan Sumatera Utara yang merupakan salah satu daerah tersebar di Indonesia ini harus menjadi pencontohan kesuksesan pilkada bagi daerah lain.

"Pilkada yang lancar akan diwujudkan kalau kita bersama bersama mempunyai komitmen dan tekad yang sama dalam menyukseskan pesta demokrasi tersebut," kata dia.

Untuk itu, mantan Penjabat Gubernur Sumatera Selatan ini bersama pemangku kebijakan akan terus menggencarkan deklarasi pilkada damai guna  meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menyukseskan Pilkada 2024.

Agus Fatoni meminta seluruh elemen masyarakat turut berpartisipasi menyukseskan pesta demokrasi antara lain dengan menghindari berita-berita bohong yang dapat memecahkan keberagaman di Sumatera Utara.

"Jangan sia-siakan kesempatan yang hanya terjadi 5 tahunan ini. Mari kita berbondong-bondong datang ke semua tps untuk mencoblos kepala daerah," sebut dia.

Dalam kesempatan itu, seluruh hadiri mengucapkan ikrar Deklarasi Pilkada 2024 damai yang langsung dipimpin Agus Fatoni dan dilanjutkan penandatanganan
naskah pilkada damai yang diikuti seluruh peserta peserta demokrasi.

"Kita bisa melanjutkan ditingkat kabupaten/kota agar keinginan dan komitmen bersama-sama ini menjadi semangat yang sama di Sumatera Utara," ujar dia.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024