PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) selaku pengelola jalan tol KualaTanjung - Tebing Tinggi - Parapat (Kutepat) mencatat Volume Lalu Lintas (VLL) Ruas Tol Tebing Tinggi - Sinaksak sebanyak 19.910 kendaraan selama PON XXI 2024.

Direktur Utama Hamawas Dindin Solakhuddin mengatakan selama dibuka secara fungsional dalam mendukung gelaran PON XXI Aceh - Sumut 2024 antusiasme masyarakat menggunakan ruas tol tersebut cukup tinggi.

Menurutnya, antusias masyarakat menggunakan ruas tol tersebut karena dinilai mempercepat mobilitas dari Medan Raya menuju Kabupaten Simalungun dan Destinasi Wisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

“Jalan tol ini resmi beroperasi tanpa tarif, setelah sebelumnya dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 10 – 12 Juni 2024. Sebelumnya jalan tol ini telah difungsionalkan untuk mendukung arus balik pada hari-hari besar keagamaan," ujar Dindin Solakhuddin dalam keterangan resmi yang diterima, di Medan, Rabu.

Dia mengatakan bahwa perusahaan mengoperasikan ruas tol seksi 3 Tebing Tinggi - Dolok Merawan dan sebagian seksi 4 Sinaksak - Dolok Merawan sepanjang 45,6 kilo meter tanpa tarif atau gratis.

“Melihat antusiasme yang cukup besar di ruas tol ini, kami berharap trafik di ruas tol ini akan tinggi. Saat ini jalan Tol Tebing Tinggi - Serbelawan - Sinaksak masih beroperasi tanpa tarif," kata dia.

Operasi tanpa tarif, kata dia dapat menjadi momentum yang tepat bagi masyarakat untuk merasakan manfaat ruas tol ini sebagai jalur transportasi yang waktu tempuh-nya lebih cepat dan aman.

"Saat ini Hamawas telah mengantongi Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 2373/KPTS/M/2024 tanggal 9 September 2024 Tentang Penetapan Pengoperasian Junction Tebing Tinggi, Seksi 3 (Junction Tebing Tinggi – Interchange Dolok Merawan dan Sebagian Seksi 4 (Interchange Dolok Merawan – Interchange Sinaksak) Pada Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat," sebut dia.

Dengan panjangnya jaringan jalan Tol Kutepat, dia melanjutkan akan memangkas waktu tempuh masyarakat yang semula dari Medan menuju Sinaksak membutuhkan waktu 3 jam, kini hanya 1,5 jam saja.

Hutama Marga Waskita juga selalu menghimbau kepada pengguna jalan untuk selalu mematuhi rambu lalu lintas, pastikan kondisi fisik dan kendaraan dalam keadaan prima serta selalu cukupkan uang elektronik ketika memasuki ruas tol Kutepat.

"Hutama Marga Waskita menghimbau kepada para pengguna jalan agar berkendara dengan kecepatan minimum 60 km/jam dan maksimum 100 km/jam serta tidak menggunakan bahu jalan untuk berhenti kecuali dalam keadaan darurat. Apabila pengguna jalan mengalami keluhan atau melihat tindak kejahatan di jalan tol, dapat segera melapor ke Call Centre Tol Kutepat," ujar dia.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ruas tol Tebing Tinggi-Sinaksak dilalui 19.910 kendaraan selama PON

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024