Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya calon kepala daerah untuk menjaga kondusifitas wilayah selama kampanye pemilihan kepala darah (Pilkada) 2024.

"Mulai besok kita melaksanakan kampanye. Kampanye adalah menyampaikan visi-misi, menyampaikan program, memperkenalkan calon. Jadi mari kita laksanakan ini sebaik-baiknya. Mari kita jadi kondusif wilayah," ujar Agus Fatoni usai acara Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, di Medan, Selasa.

Dia menilai menyukseskan pilkada merupakan tanggung jawab bersama terutama di Sumatera Utara yang salah satu daerah terbesar di Indonesia.

"Sumatera Utara barometer. Oleh karena itu tanggung jawab bersama untuk mewujudkan pilkada yang aman, damai dan sukses," kata dia.

Dalam melaksanakannya, mantan Penjabat Gubernur Sumatera Selatan ini meminta seluruh konstestan untuk menghindari ujaran kebencian dan berita bohong yang dapat memecah kondusif wilayah yang sudah terbangun dengan baik selama ini.

Menurutnya, keberagaman masyarakat
Sumut yang merupakan multi etnis sudah tercipta dengan baik. Untuk itu, dia meminta untuk seluruh elemen masyarakat dapat menjaga selama masa kampanye Pilkada 2024.

"Pilkada memilih pemimpin kita. Tentu memilihnya dengan cara yang damai. Kita hindari hal yang memecahkan kita. Kita harus jaga keberagaman ini," sebut dia.

Dia berharap dengan menjaga keberagaman selama masa kampanye, Sumatera Utara dapat menjadi barometer kesuksesan pilkada di seluruh Indonesia.

"Kami di pemerintah tentu mendukung sepenuhnya pelaksana pilkada ini termasuk seluruh elemen masyarakat karena ini tanggung jawab kita bersama," ujar dia.

Deklarasi kampanye damai ini dihadiri dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara dan unsur pemangku kebijakan terkait yang dimeriahkan grup musik di wilayah ini.

Sebelumnya, KPU Sumut telah menetapkan pasangan Bobby Nasution-Surya nomor urut 1 dan pasangan Edy Rahmayadi-Hasan Basri nomor urut 2 sebagai calon gubernur dan wakil gubernur di wilayah setempat.

Berdasarkan jadwal, pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak 2024 berlangsung pada 27 November dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara, pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024