PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara (Sumut) mengatakan pasokan listrik tetap terjaga selama Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024.

"PLN berkomitmen menjaga pasokan listrik tetap andal sejak pembukaan, pelaksanaan hingga penutupan ajang nasional ini," ujar General Manager PLN UID Sumatera Utara Saleh Siswanto di Medan, Sabtu.

Saleh mengatakan dalam keberhasilan ini menjaga pasokan listrik pada acara puncak perhelatan PON XXI Aceh-Sumut tersebut di Stadion Utama Sumut di Kabupaten Deli Serdang, Jumat (21/9).

Lebih lanjut, tercatat, beban puncak saat penutupan sebesar 2.431 Mega Watt (MW) dengan daya mampu pasokan listrik sebesar 3.187 Mega Watt (MW).

"Kami menegaskan komitmen PLN dalam menghadirkan listrik berkualitas, termasuk dalam penerapan budaya AKHLAK," tutur Saleh.

Sebelumnya dalam penanganan PON ini, PLN Sumut menyiapkan skema pengamanan berlapis dan mempersiapkan Uninterruptible Power Supply (UPS) sebanyak 34 unit, Unit Gardu Bergerak (UGB) sebanyak 17 unit dan genset sebanyak 33 unit.

Tidak hanya itu, PLN juga akan menyiagakan personil gabungan sebanyak 546 petugas yang akan siap siaga menjaga pasokan listrik PON XXI Aceh-Sumut 2024. Saat ini, kondisi kelistrikan Sumut saat ini dalam kondisi normal/aman.

Dengan Daya Mampu Pasok (DMP) sebesar 2.300 megawatt (MW), proyeksi beban puncak sebesar 2.165 MW dan cadangan daya sebesar 454 MW.

PON XXI Aceh-Sumut resmi ditutup di Stadion Utama Sumut, Deli Serdang, Jumat, dan empat tahun mendatang, pesta olahraga terbesar di Indonesia ini akan digelar di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024