Arus lalu lintas Padangsidimpuan - Tarutung melewati wilayah Batu Jomba, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara, putus total.

Akses jalan nasional antar provinsi ini tak bisa dilalui akibat sumbu as roda depan sebuah truk intercooler sarat muatan kayu pulp (bubur kertas) patah, saat melintasi daerah patahan bumi yang berlumpur itu.

"Kita sudah hubungi pihak PT.Toba Pulp Lestari (TPL). Agar di evakuasi," Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tapsel, Daniel Saragih kepada ANTARA, Senin.

Kejadian itu terjadi pada Minggu (15/9/2024). Akibatnya seluruh kendaraan khususnya roda empat ke atas tidak bisa lagi melintas, terkecuali kendaraan roda dua itu pun harus pakai bantu sorong.

"Karenanya kita mengimbau kepada seluruh pengendara yang akan melewati Batu Jomba kita imbau melalui mengambil jalur alternatif dulu sementara sampai normal," ujarnya.

Menghindari jalan rusak parah Batu Jomba sekitar 30 meter itu para pengendara kendaraan bermesin  dari arah Padangsidimpuan - Medan pun sebaliknya, boleh mengambil jalur arah Sibolga maupun Rantau Prapat.

Lebih jauh Daniel mengabarkan kondisi ruas jalan Batu Jomba tampak parah, karena berlumpur dan tanjakan yang licin karena hujan.

Tambah, bekas lintasan roda kendaraan berat yang melintas juga telah membentuk pulau tengah jalan sehingga menyulitkan mobil pribadi melintasi jalan yang terus mendapat perbaikan dari pihak BBPJN.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024