Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy memberikan penghargaan sekaligus melepas keberangkatan peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dari MAN 1 Langkat dan Madrasah Young Researchers (MYRES) dari MTSN 1 Langkat.

"Ini enjadi momen penting bagi daerah ini dalam mengapresiasi generasi muda yang telah berhasil mengukir prestasi di tingkat nasional,".kata Pj Bupati Langkat melalui Kadis Kominfo Wahyudiarto, di Stabat, Rabu.

Faisal Hasrimy   menyampaikan rasa bangganya terhadap prestasi yang diraih oleh siswa-siswi Langkat. "Saya berdiri di sini dengan rasa bangga karena kalian semua, siswa-siswi terbaik dari Kabupaten Langkat, telah menunjukkan semangat juang yang tinggi dalam mengembangkan potensi diri di bidang sains." . 

"Kalian adalah generasi harapan bangsa yang telah memberi kebanggaan, tidak hanya bagi diri sendiri dan keluarga, tetapi juga mengharumkan nama baik sekolah dan daerah asal kalian," ujarnya.

Pj Bupati Langkat memberikan pesan motivasi kepada para peserta. "KSM bukanlah ajang kompetisi yang mudah. Kalian dituntut untuk meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual dalam mengintegrasikan sains dengan nilai-nilai Islam. Jangan merasa minder, yakinkan diri kalian bahwa kalian adalah putra-putri terhebat yang ada di Indonesia.

Prestasi gemilang ini diraih oleh Najiyya Fadhilah Nawri dan Abryanna Aimme Marha dari MTSN 1 Langkat yang berhasil masuk 30 besar tingkat nasional dalam MYRES. Mereka mengangkat penelitian dengan judul "SOPAR E-WTP berbasis Arduino Mega dalam Mendeteksi Kadar Kekeruhan dan Keasaman Air Sungai Batang Serangan di Kecamatan Tanjung Pura.

Selain itu, tim dari MAN 1 Langkat yang terdiri dari Jeflie Yopi Putra, Indri Pratiwi, dan Nur Aini Azzahra berhasil meraih Juara 1 Kategori Sosial Sains Terpadu Regu di KSM, dan akan mewakili Sumatera Utara di tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Maluku, Sulawesi Utara.

Kakan Kemenag Langkat Ainul Aswad, juga memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh pihak yang terlibat. "Prestasi ini tidak mungkin tercapai tanpa kerja keras dan sinergi dari semua pihak, mulai dari kepala madrasah, pengawas, hingga orang tua. Kami sangat bangga bahwa MAN 1 Langkat dan MTSN 1 Langkat telah mengharumkan nama Sumatera Utara di kancah nasional.



 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024