Polres Langkat, Sumatera Utara, melibatkan 142 personel gabungan untuk melakukan pengamanan arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut pada 8-20 September 2024.

"Personel gabungan dibantu penuh teman-teman dari TNI, dari pemerintah daerah yang berkaitan langsung dengan kegiatan pengamanan itu," kata Kapolres Langkat AKBP David Triyo Prasojo di Langkat, Sabtu.

Pada PON kali ini, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, mendapat jatah tempat penyelenggaraan cabang olahraga Sambo yang mulai diadakan di GOR Langkat pada 16-19 September 2024.

"Untuk mengamankan jalannya PON XXI di Langkat, Polres Langkat, dengan dukungan TNI dan Pemkab Langkat, akan mengerahkan 142 personel, yang terdiri dari 112 personel Polres Langkat, 12 personel TNI dari Kodim 0203 Langkat dan 18 personel Satpol PP Pemkab Langkat," katanya.



Kepada personel yang nantinya bertugas dalam pengamanan PON, ia menekankan beberapa hal yang harus menjadi acuan, yakni meningkatkan visibilitas dan koordinasi antar instansi, menampilkan sikap ramah dan profesional terhadap para atlet dan official.

Selanjutnya, menghindari sikap arogan dalam menjalankan tugas pengamanan, menjaga kesehatan mengingat jadwal pertandingan yang padat, mengantisipasi segala ancaman dan risiko secara cermat dan menjalankan tugas dengan semangat dan keikhlasan.

Sementara Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy mengatakan, semua elemen di daerah itu harus bersama-sama berupaya menyukseskan PON, dimana Langkat dipercaya sebagai lokasi penyelenggaraan cabang olahraga Sambo.



"Pemerintah telah memberikan kepercayaan besar kepada Langkat untuk menyelenggarakan cabang olahraga ini. Oleh karena itu, kita harus memastikan situasi dan kondisi Kamtibmas yang aman dan kondusif agar para atlet dan official merasa nyaman dan aman selama berada di wilayah kita," katanya.

Sebelumnya Wakil Kepala Polda Sumut Brigjen Pol Rony Samtana mengatakan pihaknya melibatkan sebanyak 4.970 personel gabungan dalam kegiatan pengamanan di 34 cabang olahraga yang masuk di wilayah Sumut maupun wilayah hukum Polda.

Lebih lanjut, dia mengatakan, dari 34 cabang olahraga tersebut ada di 10 Kabupaten dan kota.

"Selain itu, pengaman juga dilakukan dari panitia penyelenggara, ofisial, atlet dan lainnya agar ajang nasional ini berjalan dengan baik dan lancar," kata Rony.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024