Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara menyebutkan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati jalur perseorangan  Dolly Pasaribu - Buchori Siregar lolos verifikasi faktual syarat dukungan Pilkada 2024.

Ketua KPU Tapanuli Selatan Zulhajji Siregar di Sipirok, Senin mengatakan bahwa penetapan bakal calon tersebut berdasarkan hasil rapat pleno KPU Tapanuli Selatan Nomor:219/PL.02.2-BA/1203/2/2024 terkait rekapitulasi akhir hasil verifikasi persyaratan dukungan minimal yang telah dilaksanakan pada 12 Agustus 2024.

"Artinya pasangan bupati dan wakil bupati Tapanuli Selatan Dolly - Buchori sudah sah bisa mencalonkan melalui jalur perseorangan pada Pilkada 2024," kata dia.

Berdasarkan hasil verifikasi faktual pasangan Dolly Pasaribu - Buchori Siregar memperoleh sebanyak 23.752 dukungan yang tersebar di 15 kecamatan se-Tapanuli Selatan.

"Tiket atau dokumen dukungan pasang calon tersebut setelah verifikasi faktual satu dan verifikasi faktual dua itu sebanyak 23.752 dukungan," ujar Zulhajji, di Siprok, Senin.

Dia mengatakan persyaratan bakal pasangan calon perseorangan pada Pilkada 2024 untuk bupati dan wakil bupati Kabupaten Tapanuli Selatan minimal 21.894 dukungan.

Selain itu, kata dia, pasangan bakal calon kepala daerah dari jalur perseorangan minimal harus mendapat dokumen dukungan 10 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) hasil Pemilu 2024.

Dolly Pasaribu mengatakan sangat bersyukur bahwa proses tahapan verifikasi syarat dukungan yang dilakukan KPU Tapanuli Selatan dari awal hingga tahap terakhir berjalan dengan baik.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Tapanuli Selatan yang telah memberikan dukungan kepada dirinya dan Buchori Siregar sehingga bisa maju di Pilkada 2024.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh penyelenggara yang telah bekerja secara profesional dan sesuai regulasi dan waktu juga yang sudah disepakati bersama sehingga diterima dukungan masyarakat sebanyak 23.752 orang," ujar Dolly.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KPU : Dolly Pasaribu-Buchori lolos untuk Pilkada Tapanuli Selatan

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024