Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) menggelar Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI), di Halaman Kantor Kejati Sumut, Jalan AH Nasution, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sabtu (17/8).

Upacara tersebut dipimpin Wakajati Sumut Rudy Irmawan dan diikuti seluruh pegawai Korps Adhyaksa di Lingkungan Kejati Sumut mulai dari para Asisten, Koordinator, Kabag TU, Kasi dan seluruh jajaran.

Pada kesempatan tersebut, Rudy Irmawan menyampaikan pesan Jaksa Agung ST Burhanuddin. Dalam Amanatnya, Jaksa Agung meminta agar seluruh pegawai untuk merefleksikan perjuangan para pendahulu dalam memperoleh kemerdekaan dilalui dengan penuh tantangan dan pengorbanan. 

“Jaksa Agung mengajak untuk bersama-sama merenungkan dan mensyukuri kemerdekaan ini sebagai anugerah bagi bangsa dan negara Indonesia. Saat ini dua momen besar sedang dijalani oleh Bangsa Indonesia,” kata Rudy.

Dua momen besar itu, lanjut dua, yakni masa transisi untuk perpindahan ibukota baru dan pergantian kepemimpinan. Kedua hal tersebut dilaksanakan guna mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Seyogianya dalam masa transisi ini kita sebagai generasi penerus dapat mengawal proses penting ini, melalui kerja keras dan kontribusi nyata kepada bangsa dan negara untuk mewujudkan tujuan kemerdekaan Indonesia,” tutur dia.

Selain itu, ujar dia, Jaksa Agung mengatakan selaras dengan tema besar yang diusung dalam Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, yakni Nusantara Baru Indonesia Maju, mencerminkan semangat dan tekad bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan masa depan.

Kemudian, mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk melanjutkan pembangunan dengan penuh semangat serta saling bekerja sama, berkolaborasi, dan bersinergi untuk mencapai tujuan bersama.

“Semangat yang muncul dalam tema besar tersebut menggambarkan visi pembangunan Indonesia di masa depan yang lebih modern dan maju, namun tetap mempertahankan kekayaan budaya dan identitas bangsa Indonesia,” tutur dia.

Dia mengatakan, suasana HUT Kemerdekaan RI tahun ini berbeda dengan peringatan pada tahun-tahun sebelumnya.

Dimana pada tahun ini penyelenggaraan upacara peringatan HUT Kemerdekaan dilaksanakan di dua tempat, yaitu Istana Merdeka Jakarta dan Ibu Kota Nusantara.

“Ibu Kota Nusantara menjadi tonggak pembangunan nasional yang diwujudkan demi mencapai pemerataan kesejahteraan, pembangunan infrastruktur, pendidikan, sumber daya manusia, dan kesehatan,” kata dia.

Seluruh harapan tersebut, lanjut dia, memerlukan dorongan, semangat, dan kemauan yang besar dengan menjunjung nilai-nilai persatuan dan kesatuan,” sebut dia.

“Dalam melaksanakan tugas, fungsi, dan kewenangan Kejaksaan, kita harus mampu membaca dan memahami keinginan, harapan serta tuntutan masyarakat dalam mewujudkan supremasi hukum yang menjunjung tinggi keadilan, kepastian, dan kemanfaatan hukum,” pungkas Rudy membacakan pesan dari Jaksa Agung.

Pewarta: Aris Rinaldi Nasution

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024