Sebanyak 705 orang warga binaan/narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjung Balai mendapat remisi  HUT ke 79  Kemerdekaan Republik Indonesia  Indonesia tahun 2024, 13 orang diantaranya langsung bebas.

Surat remisi tersebut diserahkan Wali Kota Tanjung Balai H.Waris Tholib usai pelaksanaan upacara menaikkan bendera Merah-Putih di Lapas Kelas IIB Tanjung Balai, Sabtu (17/8).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota H.Waris Thalib berpesan kepada seluruh wargabinaan kiranya dapat berkontribusi membangun negeri, khususnya daerah Tanjung Balai. 

“Selamat untuk anak-anakku penerima remisi, dan bagi yang mendapat remisi bebas setelah kembali kepada keluarga dan masyarakat berbuat baiklah agar bermanfaat untuk bangsa dan negara, terutama Kota Tanjung Balai,” ujar Wali Kota.

Wali Kota juga mengucapkan terimakasih kepada Kemenkumham RI, khsususnya jajaran Lapas Tanjung Balai yang telah melakukan pembinaan dan memberi nasehat agar para napi menjadi lebih baik.

Berdasarkan keterangan Kepala Lapas Kelas IIB Tanjung Balai Sangapta Surbakti, pihaknya mengusulkan remisi umum tahun 2024 sebanyak 705 orang wargabinaan kepada Kemenkum HAM. Usulan remisi umum tersebut 100 persen diterima.

Sangapta merincikan, wargabinaan yang mendapat remisi umum tahun 2024 sesuai dengan surat keputusan menteri Hukum dan HAM RI yakni remisi 1 bulan 80 orang, 2 bulan 102 orang, 3 bulan 189 orang, 4 bulan  240 orang, 5 bulan 85 orang, dan remisi 6 bulan 9 orang.

"Dari 705 narapidana yang menerima remisi umum 13 orang diantaranya langsung bebas setelah menerima remisi umum atasnama Aldi bin Aris Sitorus, dan kawan-kawan," ujarnya.

Kalapas berpesan untuk wargabinaan yang bebas langsung agar dapat memperbaiki perilaku saat kembali berada ditengah-tengah masyarakat.

“Berkontribusi positiflah kalian untuk keluargamu, masyarakat dan negara. Selamat kepada wargabinaan kami, jangan bosan perbaiki diri dan tetap jadi orang yang baik. Ini adalah hadiah spesial di hari ulang tahun RI ke 79 yang tentunya ada kesan didalamnya,” kata Sangapta Surbakti.
 

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024