PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara (Sumut) memberikan sambungan listrik gratis kepada 154 warga tidak mampu menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia.

"Melalui program Light Up The Dream, PLN telah berhasil melakukan penyalaan serentak sambungan listrik gratis kepada 154 keluarga tidak mampu," ujar General Manager PLN UID Sumatera Utara Saleh Siswanto di Medan, Kamis.

Saleh melanjutkan, penyalaan serentak ini melibatkan di antaranya UP3 Medan, UP3 Pematang Siantar, UP3 Nias, UP3 Sibolga, UP3 Medan Utara, UP3 Padang Sidempuan, UP3 Lubuk Pakam, UP3 Bukit Barisan, UP3 Rantauprapat, dan UP3 Binjai.

Lebih lanjut, dia mengatakan, penyalaan listrik ini merupakan wujud kepedulian PLN kepada masyarakat yang kurang mampu.

"Dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian dan kualitas hidup mereka," kata Saleh.

Program Light Up The Dream menjadi simbol hadirnya BUMN di tengah masyarakat, terutama dalam memaknai kemerdekaan dengan memberikan akses listrik yang layak bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk yang kurang mampu.

"Dengan adanya listrik, harapan akan masa depan yang lebih cerah bagi keluarga-keluarga ini pun menjadi semakin nyata," tutur Saleh.

Salah satu penerima manfaat program ini, Sartika yang merupakan warga Kota Medan. Dia mengatakan, selama ini bergantung pada aliran listrik dari rumah orang tuanya karena keterbatasan ekonomi, jadinya tidak mampu untuk memasang listrik sendiri.

"Pekerjaan saya sebagai tukang cuci dan suami saya bekerja sebagai petugas keamanan, membuat kami kesulitan untuk memiliki listrik sendiri. Penghasilan kami hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari," kata Sartika.

Dengan adanya bantuan ini, Sartika mengatakan, kehidupan mereka semoga bisa lebih baik lagi ke depannya.

Program Light Up The Dream merupakan inisiatif insan PLN yang bertujuan untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu agar dapat menikmati fasilitas listrik secara mandiri di seluruh Sumut.




 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024