Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional Wilayah Sumatera Utara mengajak seluruh pemangku kebijakan terkait untuk terus memperkuat promosi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 mengingat waktu pelaksanaannya kurang dari sebulan.

Sekretaris Umum PB PON Wilayah Sumut Effendy Pohan mengatakan ajakan itu bertujuan agar seluruh elemen masyarakat di wilayah ini semakin bersemangat untuk ikut serta menyemarakkan ajang olahraga nasional ini.

"Jadi kita perlu perkuat lagi promosinya ke masyarakat, terutama pemerintah kabupaten/kota yang daerahnya menjadi penyelenggara," ujar Effendy Pohan di Medan, Rabu.

Menurutnya, promosi PON 2024 harus terus dilakukan sehingga ajang olahraga terbesar di Indonesia tersebut memiliki kesan yang baik bagi para tamu yang hadir di Sumatera Utara.

Effendy menjelaskan promosi itu dapat dilakukan jajaran dengan memasifkan branding nuansa PON di kendaraan, memperbanyak spanduk serta kegiatan wajib bernuansa ajang olahraga nasional tersebut.

"Ini bertujuan guna memperluas sosialisasi PON 2024 ke masyarakat, dengan begitu diharapkan rasa kebanggaan sebagai tuan rumah muncul di masyarakat," kata dia.

Dia mengatakan bahwa persiapan PON 2024 di wilayah ini secara keseluruhan telah mencapai 90 persen baik sarana prasarana maupun bidang penunjang lainnya.

“Semua sudah hampir rampung, sudah lebih 90 persen termasuk aplikasi yang akan mendukung semua kegiatan kita," jelas dia.

Pada pembukaan PON 2024, dia menambahkan bahwa Sumatera Utara akan menggelar upacara di Stadion Baharuddin Kabupaten Deli Serdang yang secara langsung akan terhubung dengan pembukaan di Aceh.

"PON 2024 akan dibuka Pak Presiden di Aceh, kita juga membuat upacara pembukaan di waktu yang bersamaan dan akan terhubung dengan pembukaan di Aceh," ucap dia.

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh elemen masyarakat baik pemerintah maupun non pemerintah untuk bergandeng tangan menyukseskan PON 2024 yang akan terlaksana 25 hari lagi sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

"Kita ingin membuat tamu-tamu yang datang benar-benar nyaman datang ke Sumut," ujar dia.

PON 2024 dibuka pada 8 September di Aceh oleh Presiden Joko Widodo dan ditutup di Sumatera Utara pada 20 September oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Pelaksanaan PON di Sumatera Utara mempertandingkan 34 cabang olahraga yang diikuti 6.608 atlet ditambah 3.320 ofisial.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024