Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) Bidang Humas dan Media meninjau sejumlah arena yang akan digunakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 guna mematangkan rencana publikasi.

"Kita ingin melihat detail arena agar bisa merencanakan dengan jelas di mana posisi media center, bagaimana media melakukan peliputan, intinya kita ingin skemanya benar-benar matang untuk publikasi," ujar Ketua Panwasrah Bidang Media dan Humas Raja Parlindungan Pane usai meninjau sejumlah arena di Medan, Minggu.

Menurutnya, persiapan publikasi memerlukan koordinasi yang baik dengan pemangku kebijakan terkait agar memudahkan proses peliputan pada pesta olahraga nasional tersebut.

"Tentu kita perlu koordinasi lebih lanjut dengan panitia pelaksana, Diskominfo sebagai penyedia infrastruktur jaringan internet untuk lebih memantapkannya," kata dia.

Dalam kunjungan tersebut, Panwasrah Bidang Media dan Humas bersama pemangku kebijakan terkait melakukan peninjauan arena yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang, Serdangbedagai, Langkat, Simalungun, Karo dan Toba. Kemudian juga arena-arena di Kota Medan, Binjai, dan Pematangsiantar.

Dia menjelaskan dalam peninjauan tersebut secara keseluruhan arena yang akan digunakan dalam ajang olahraga nasional tersebut terencana dengan baik terkait publikasi

"Dari yang kita kunjungi sebagian besar tidak ada kendala, tidak sulit mendirikan media center dan penunjang kegiatan media nantinya," ujar dia.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfo Sumut yang juga Bidang Pemasaran PB PON XXI wilayah Sumut Harvina Zuhra mengatakan sarana dan prasarana harus terencana dengan baik.

Hal itu, kata dia untuk memaksimalkan kegiatan peliputan di semua cabang olahraga yang tersebar di seluruh kabupaten/kota yang menjadi tempat penyelenggara PON 2024.

"Publikasi akan kita maksimalkan, perlu perencanaan yang benar-benar matang, di mana kita membangun media center, mana saja kawasan media dan bagaimana kita membangun infrastruktur untuk jaringan internet agar kegiatan publikasi berjalan lancar," ujar Harvina Zuhra.

Sebelumnya, Panitia Pengawas dan Pengarah Bidang Humas dan Media juga melakukan rapat koordinasi dengan pemangku kebijakan dalam mematangkan pengelolaan media center serta sistem kerja penyebarluasan informasi.

Rapat koordinasi itu digelar bersama Kemenkominfo RI, Komisi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Forum Wartawan Pemprov Sumut, Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) Sumut, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumut.

“Rapat koordinasi ini kita lakukan untuk mematangkan persiapan penyelenggaraan PON XXI, terutama terkait pembahasan lebih lanjut mengenai sistem kerja, penyebarluasan informasi juga pengelolaan media center," kata dia.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024