Atlet Boling Sumatera Utara yang dipersiapkan mengikuti PON XXI Aceh – Sumut 2024 mendapat pengalaman berharga selama menjalani uji coba di Thailand demi mematangkan persiapan menghadapi even olahraga terakbar di tanah air tersebut.

"Uji coba dengan mengikuti turnamen Thailand International Open menambah banyak pelajaran penting bagi para atlet, khususnya dalam meningkatkan jam bertanding dan menguatkan mental berkompetisi," kata Manajer Tim Boling PON Sumut, Sergio Goenawan yang dihubungi dari Medan, Senin.

Ia mengatakan para atlet sudah mencapai tujuan utama uji coba selama di Thailand, salah satunya mendapatkan lawan sparing yang sepadan sehingga dapat meningkatkan mentalitas atlet saat PON nanti.

"Hasil uji coba menunjukkan bahwa seluruh atlet telah berhasil membangun semangat juang dan mentalitas untuk menghadapi PON. Secara hasil memang bukan yang terbaik, namun belajar ke luar dari tekanan dan membangun kekompakan tim menjadi highlight utama dari try out," katanya.

Lawatan selama sepekan di Thailand tersebut, lanjut dia, merupakan uji coba terakhir yang dijalani para atlet sebelum nantinya berlaga di PON.

"Grafik performance atlet secara gradual meningkat sejak mengikuti uji coba ke luar negeri, ditambah dengan latihan sebulan lagi, dapat dipastikan grafik performance tertinggi akan didapatkan para atlet saat PON nanti," katanya.

Sementara atlet boling putri PON Sumut, Nadia Pramanik, mengatakan untuk hasil try out secara pribadi dia bersyukur, karena ada banyak pelajaran dan pengalaman yang didapat untuk menambah kepercayaan diri saat tampil di PON nanti.

"Dengan adanya try out terakhir ini kita jadi bisa lihat sejauh apa perkembangan kita dan poin-poin apa yang harus dilatih dan difokuskan lagi untuk memantapkan persiapan di PON nya," katanya.

Pada PON 2024, Tim Boling Sumut diperkuat 8 atlet, masing-masing 4 putra dan 4 putri. Putra bakal diperkuat peraih medali emas SEA Games 2019 dan 2021, Hardy Rachmadian. Kemudian Oscar, Imam Wiguna dan Adyandra Anugra.

Sedangkan di sektor putri, Sumut juga diperkuat peraih emas SEA Games 2019, Aldila Indriyati, kemudian Nadi Pramanik, Fioni Faradilla, dan Ruby Herpin.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024