Sebanyak 66 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Binaan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskopukmdag) Aceh Besar akan andil bagian dalam memasarkan produk di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

“Mereka akan memanfaatkan momen PON Aceh-Sumut ini untuk menjual beragam makanan, suvenir dan produk-produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM kepada tamu yang datang ke Aceh,” kata Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Yuswandi di Lambaro, Kamis.

Ia menyebutkan jumlah UMKM yang terdaftar secara keseluruhan di kabupaten itu mencapai 10.805 UMKM dan untuk momen PON menargetkan ada 80 UMKM yang yang berpartisipasi dalam pameran UMKM di venue PON.

“Sebenarnya kita targetkan ada 80 UMKM binaan Pemkab Aceh Besar untuk berpartisipasi pada PON dan saat ini yang terdaftar baru 66 bahkan sudah lebih, dan kita terus memastikan UMKM yang bersedia andil bagian,” katanya.

Ia mengatakan keterlibatan para pelaku UMKM tersebut merupakan bagian dari komitmen Pj Bupati Aceh Besar dalam menyukseskan pelaksanaan PON Aceh-Sumut dan salah satunya keikutsertaan pelaku UMKM dalam meningkatkan pendapatan.

Menurut dia salah satu upaya yang dilakukan agar beragam produk UMKM asal kabupaten itu bisa bersaing adalah meningkatkan kualitas produk, mengupayakan memenuhi permintaan produk oleh pasar, melakukan inovasi, melengkapi legalitas yang belum lengkap serta pengemasan produk yang lebih menarik.

Dalam kesempatan tersebut ia mengatakan saat ini sudah ada 67 UMKM yang telah memiliki sistem pembayaran dengan QRIS dan pembayaran non tunai tersebut tentu akan memberikan kemudahan bagi para pembeli yang datang dari berbagai provinsi dalam bertransaksi.

Ia berharap semua pelaku UMKM memberikan pelayanan dan menjajakan produk terbaik, karena itu menjadi wajah Aceh Besar serta akan menjadi daya tarik bagi tamu dari berbagai provinsi untuk membeli buah tangan dari kabupaten itu.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024