Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu diketahui baru saja bertemu dengan Menteri Kesehatan RI Budi Sadikin di Gedung dr.Adiyatma, Jakarta.

Nah, apa saja yang mereka bahas dalam pertemuan yang cukup komunikatif tersebut. Tidak lain dan tidak bukan adalah peningkatan pelayanan kesehatan untuk Tapsel lebih baik.

"Visi besar saya adalah bagaimana menjadikan pusat pelayanan kesehatan di Tapsel menjadi rujukan rumah sakit di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel)," kata Dolly, di Sipirok, Kamis.

Di hadapan sejumlah Dirjen Kementerian Kesehatan, hal itu lah yang utarakan Dolly Pasaribu kepada Menteri Kesehatan. Termasuk kondisi sarana maupun prasarana.

Dan, banyak hal lain yang mereka bahas di pertemuan ini. Menurut Dolly perhatian terhadap sektor kesehatan itu penting. Sejalan visi misi mewujudkan Tapsel yang sehat, cerdas, dan sejahtera.

Menteri Kesehatan Budi Sadikin mengapresiasi dan menyambut baik kehadiran Bupati Tapsel Dolly Pasaribu dan rombongannya.

"Pemkab Tapsel khususnya tahun depan akan mendapatkan kucuran dana yang cukup besar dari pusat, baik berupa bangunan fisik maupun alat-alat kesehatan. Perkiraan bernilai puluhan miliar," kata Dolly menirukan ucapan Budi Sadikin.

Adapun fisik maupun peralatan kesehatan dimaksud untuk mengembangkan pelayanan KJSU dan kesehatan ibu dan anak di wilayah Tapanuli selatan. KJSU dalam hal ini adalah layanan kanker jantung saraf dan UroNefrologi begitu juga dengan kesehatan ibu dan anak.

"Sejalan apa yang kita sampaikan juga menjadikan Puskesmas Puskesmas di daerah terpencil ke depan menjadi Puskesmas rawat inap, Pak Menteri Kesehatan sangat sangat setuju sekali," kata Dolly.

Karena, dengan menjadikan Puskesmas tersebut menjadi Puskesmas rawat inap masyarakat akan lebih cepat terlayani di daerah daerah terpencil.

"Dalam diskusi kita juga bahas agar rumah sakit umum daerah (RSUD) Kabupaten Tapanuli Selatan segera melengkapi dokter dokter spesialis yang dibutuhkan oleh masyarakat Tapsel khususnya," tandas Dolly.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024