Sebanyak 122 peserta calon taruna Politeknik ilmu pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik imigrasi (Poltekim) mengikuti seleksi kompetensi dasar yang diselenggarakan Kemenkum HAM Sumatera Utara.

"Seleksi ini merupakan tahap penting dalam proses rekrutmen yang bertujuan untuk menjaring calon taruna yang berkualitas," ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Sumut Agung Krisna di Medan, Senin. 

Agung menyebut pelaksanaan SKD diikuti oleh 122 peserta yang telah lolos seleksi administrasi.  Menurutnya tes yang dilaksanakan meliputi tiga materi utama, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Masing-masing tes dirancang untuk mengukur pengetahuan, kemampuan kognitif, serta karakter dan kepribadian peserta, sehingga diharapkan dapat memperoleh calon-calon taruna yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki integritas dan kepribadian yang baik. 

Kerja sama dengan Kantor Regional VI BKN Medan dalam penyelenggaraan SKD ini memastikan bahwa proses seleksi berjalan dengan lancar, transparan, dan akuntabel. 

"Fasilitas dan teknologi yang tersedia di Kantor Regional VI BKN Medan mendukung pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) yang efisien dan minim kecurangan," kata Agung.

Dari tahapan SKD disaring lagi peserta mana yang berhasil memenuhi "passing grade" dan melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya. Kanwil Kemenkumham Sumut berharap melalui seleksi yang ketat dan komprehensif ini, akan terpilih taruna terbaik yang siap dididik dan dibina di Poltekip dan Poltekim untuk nantinya menjadi tenaga profesional yang berdedikasi dalam menjalankan tugas pada Kementerian Hukum dan HAM. 

Turut hadir dilokasi Kepala Bagian Umum, Syafriadi Lubis beserta Panitia Pusat dan Panitia Daerah SKD Catar Kemenkumham.
 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024