Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meminta Provinsi Sumatera Utara memamerkan produk unggulan UMKM dan ekonomi kreatif saat Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

"Kami berharap pemerintah lokal bisa mempromosikan produk-produk unggulan," ujar Ketua Pokja Tugas Pembantuan Direktorat Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen Kemenparekraf Yanuar Arif saat ditemui di Kabupaten Deli Serdang, Rabu.

Yanuar melanjutkan pemerintah di Sumut perlu memanfaatkan momen seperti PON 2024 karena acara tersebut dipastikan dihadiri ribuan orang baik itu atlet maupun ofisial.

Adapun Sumut akan kedatangan 6.281 atlet saat PON 2024 ditambah 3.140 ofisial.

Pihak Kemenparekraf yakin para atlet dan ofisial tersebut akan berburu buah tangan di Sumut untuk dibawa ke kampung halaman masing-masing, mulai dari produk kriya sampai kuliner.

"Oleh-oleh dari Sumut apalagi yang sudah terkenal seperti bolu dan bika ambon pasti akan diserbu," kata Yanuar.
 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Panitia Besar (PB) PON 2024 Sumatera Utara memang berencana melibatkan pelaku UMKM di wilayahnya untuk berpartisipasi di PON 2024.

Namun, UMKM-UMKM tersebut nantinya harus melewati proses kurasi dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM).

PB PON 2024 wilayah Sumut menyatakan pelaku UMKM di wilayahnya dilibatkan secara luring atau temu fisik dan daring (virtual) selama berlangsungnya PON XXI 2024.

Untuk luring, UMKM akan ditempatkan di sekitar arena pertandingan. Selain itu, nantinya juga diadakan bazar selama PON 2024 di lokasi strategis di Sumut seperti di Lapangan Benteng, Medan, dan Lapangan Astaka di Kabupaten Deli Serdang.

Pemprov Sumut berupaya agar semua aktivitas UMKM di PON 2024 dapat berjalan secara gratis.

"Kami ingin semuanya gratis agar UMKM hanya fokus menyiapkan produk yang berkualitas dan termasuk pemberdayaan ekonomi," ujar Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Sumut Naslindo Sirait.

PON 2024 akan dilaksanakan di Aceh dan Sumut pada 8-20 September 2024. Pesta olahraga multicabang nasional ke-21 itu nantinya akan dibuka di Aceh dan ditutup secara resmi di Sumut.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenparekraf minta Sumut pamerkan produk unggulan saat PON 2024

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024