Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara siap berpartisipasi aktif mengawal dan memberikan supervisi penggunaan anggaran dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di wilayah setempat.
 
"Kejati Sumut akan melakukan pendampingan, pengamanan dan supervisi hukum (legal audit) terkait penggunaan anggaran," ujar Koordinator Bidang Intelijen Kejati Sumut Yos A Tarigan, di Medan, Senin.
 
Selain itu, lanjut dia, pelaksanaan dan pelaporan administrasi melibatkan pemangku kepentingan kegiatan PON XXI di wilayah Sumut.
 
Pendampingan, pengamanan serta supervisi hukum pelaksanaan PON XXI dilakukan mulai perencanaan, pelaksanaan sampai pembuatan laporan-laporan atas ajang yang diselenggarakan.
 
"Dengan pendampingan ini, Kejati Sumut salah satu penegak hukum dapat mengawal kegiatan PON XXI di wilayah Sumut agar terlaksana tepat waktu, tepat mutu, dan tepat sasaran terlebih ajang ini berskala nasional," jelasnya.
 
Sehingga, kata Yos Tarigan, kegiatan olahraga ini bisa terlaksana dengan baik sesuai perundang-undangan maupun ketentuan yang berlaku
 
PON XXI 2024 Sumut-Aceh akan dilaksanakan pada 8-20 September 2024. Pelaksanaan untuk di wilayah Sumut melibatkan lebih dari 6.000 atlet dan 3.000 ofisial, serta Aceh ada 5.636 atlet dan 2.752 ofisial.
 
"Harapan kita semua kegiatan dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia yang menyaksikan, dan sekaligus mendukung atlet bertanding," kata dia.
 
 
Pihaknya juga menegaskan, bahwa kejaksaan telah memiliki pengalaman melakukan pendampingan penyelenggaraan ajang-ajang besar, seperti Asian Games 2018, Asian Para Games 2018, dan ASEAN Para Games 2022.
 
"Kejati Sumut siap mensukseskan PON XXI untuk menjaga citra Indonesia, menjadikan Sumut-Aceh tuan rumah yang baik, momen kebangkitan ekonomi nasional dan daerah," tutur Yos Tarigan.

Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni telah memperbarui struktur kepengurusan Panitia Besar (PB) PON XXI wilayah Sumut melibatkan unsur Forkopimda Sumut ke dalam kepengurusan.

Pejabat unsur Forkopimda yang masuk ke dalam kepengurusan PB PON XXI Sumut-Aceh, di antaranya Kepala Kejati Sumut Idianto sebagai Wakil Ketua Umum III.
 
Kepala Kejati Sumut Idianto mengatakan, pihaknya berkomitmen menyukseskan penyelenggaraan PON XXI Sumut-Aceh dengan bersinergi para pemangku kepentingan.
 
"Saya sampaikan terima kasih, saya sudah menerima SK (surat keputusan) berarti kami sudah resmi bergabung. Kalau sudah ada SK, berarti kami siap bertanggungjawab atas itu," tegas Idianto.
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kejati Sumut siap kawal dan supervisi penggunaan anggaran PON XXI

Pewarta: Muhammad Said dan Aris

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024