Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara I (Kanwil DJP Sumut I) memperluas literasi perpajakan di wilayah kerjanya melalui penguatan kemitraan dengan universitas di provinsi tersebut.

"DJP bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk akademisi," ujar Kepala Kanwil DJP Sumut I Arridel Mindra di Medan, Kamis.

Menurut Arridel, kemitraan dengan pihak universitas salah satunya via kolaborasi dalam "tax center" atau pusat pajak.

Di "tax center", DJP dan akademisi universitas bersama-sama mengkaji, mendidik, melatih dan menyosialisasikan hal-hal terkait perpajakan kepada mahasiswa dan masyarakat.

Provinsi Sumatera Utara sendiri memiliki "tax center" pertama di luar Pulau Jawa yang ada di Universitas Sumatera Utara (USU).

Pada Rabu (17/7), Kanwil DJP Sumut I dan USU menandatangani nota kesepahaman (MoU) soal kerja sama perpajakan dan pengembangan "tax center" di universitas tersebut.

"Perpanjangan MoU 'tax center' dengan USU yang telah terjalin selama 16 tahun terakhir merupakan bukti komitmen kami dalam meningkatkan literasi perpajakan, khususnya di kalangan akademisi," kata Arridel.

Bukan hanya mempererat kemitraan, dalam kesempatan tersebut DJP Sumut I juga memberikan kuliah umum dengan tema "Mengenal Pajak Lebih Dekat".

Arridel, yang memberikan kuliah tersebut, berharap mahasiswa memahami tentang dasar-dasar perpajakan yang berguna untuk mereka di masa depan.

"Mahasiswa perlu mengetahui gambaran umum mengenai perpajakan di Indonesia. Bagaimana mereka mau patuh atas sesuatu yang tidak diketahui," tutur Arridel.

Menanggapi kemitraan dengan Kanwil DJP Sumut I, Rektor USU Muryanto Amin menyebut dirinya menyambut baik.

Muryanto ingin kerja sama tersebut dapat terus memperkuat fungsi "tax center" sebagai sarana edukasi dan peningkatan kesadaran serta pengetahuan perpajakan di kalangan akademisi dan masyarakat umum.

"USU siap mendukung upaya peningkatan kesadaran dan literasi perpajakan melalui pengoptimalan 'tax center' dan Relawan Pajak USU," ujar dia.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024