Pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah merealisasikan seluruh anggaran penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 sesuai Naskah Perjanjian Hibah Daerah yang telah ditandatangani sebelumnya.

"Dana hibah (pilkada) dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sudah terealisasi 100 persen," kata Penjabat Gubernur Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni pada Rapat Koordinasi tentang Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2024 untuk wilayah Sumatera di Medan, Selasa.

Dia menjelaskan Pemprov Sumut mengalokasikan dana hibah Pilkada 2024 sebesar Rp999 miliar yang dialokasikan untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rp705 miliar, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rp223 miliar, Polri Rp49 miliar, dan TNI Rp22 miliar.

"Untuk kabupaten/kota di Sumut, secara keseluruhan rata-rata sudah merealisasikan NPHD. Kita sudah komunikasikan kepada jajaran," katanya.

Dalam kesempatan itu, mantan Penjabat Gubernur Sumatera Selatan itu menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Utara siap menyukseskan pesta demokrasi tersebut dengan menyiapkan seluruh tahapannya.

"Tentu kami siap mendukung pelaksanaan Pilkada untuk sama-sama menyukseskan pemilihan pemimpin bangsa kita," katanya.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada kesempatan sama mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang telah merealisasikan seluruh dana hibah untuk Pilkada 2024.

Tito mengatakan bahwa pemerintah daerah memiliki tugas untuk menyiapkan anggaran serta memfasilitasi hal yang menunjang kesuksesan Pilkada 2024.

"Saya meminta pemerintah daerah untuk terus mendorong partisipasi pemilih di daerah masing-masing karena itu tugas kita juga," ujar Tito Karnavian.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024