Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional Wilayah Sumatera Utara (PB PON Sumut) bersama berbagai pihak melakukan koordinasi persiapan sarana dan prasarana seperti persediaan listrik, air dan internet yang akan digunakan pada PON XXI 2024.

Wakil Ketua Umum PB PON Sumut Baharuddin Siagian mengatakan sarana dan prasarana yang akan digunakan pada PON 2024 terus digencarkan sehingga ajang olahraga tersebut berjalan dengan lancar.

"Kami memastikan kesiapan utilitas arena PON, termasuk listrik, air dan internet. Kami akan memperkuat koordinasi dengan berbagai pihak," ujar Baharuddin usai memimpin rapat pembangunan infrastruktur terkait listrik, air dan internet, di Medan, Jumat.

Dalam persiapan itu, kata dia, diperlukan sinergi antarpemangku kebijakan terkait sehingga mempermudah penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan di arena-arena PON 2024.

Rapat Koordinasi itu diikuti sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Sumut PLN, PDAM Tirtanasi dan pihak terkait lainnnya.

"Agar PON ini sukses, kita memerlukan sinergi dari seluruh pihak, BUMN, BUMD dan instansi lain. Ini akan terus diperkuat, agar arena itu bisa lengkap semuanya," kata dia.

Baharuddin yang juga merupakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut itu menyebut pembangunan arena PON di wilayahnya terus digencarkan, termasuk penyediaan listrik, air dan internet.

"Agar arena dapat digunakan dengan sempurna, utilitas seperti listrik,air dan internet perlu disiapkan dengan matang,"sebut dia.

Dalam kesempatan itu, Baharuddin menegaskan pelaksanaan PON XXI 2024 Aceh-Sumut akan diselenggarakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan yakni 8-20 September 2024.

Sumatera Utara akan mempertandingkan 34 cabang olahraga, dengan 46 disiplin, 527 nomor pertandingan di 37 venue di 10 kabupaten/kota. Sekitar 6.281 atlet, 3142 ofisial dan 5.600 panitia pelaksana yang tersebar di Kota Binjai, Kota Medan, Kabupaten Langkat, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Pematang Siantar, Kabupaten. Toba, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Karo, dan Kabupaten Samosir.

"Semua perlu dipersiapkan, mulai infrastruktur, utilitas hingga akomodasi yang akan melayani sekitar 15 ribu peserta," ujar dia.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Achmad Yazid Matondang mengatakan pihaknya memastikan kesiapan jaringan internet pada PON 2024.

“Kita tugasnya memastikan keamanan jaringan internet atau komunikasi selama PON, selama PON pastilah traffic internet akan tinggi, sehingga nanti perlu dilakukan berbagai antisipasi antisipasi untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024