Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional Sumatera Utara (PB PON Sumut) memasifkan pelibatan masyarakat dalam menyukseskan PON XXI 2024 antara lain dengan berpartisipasi sebagai volunter atau relawan.

Ketua Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) PB PON Sumut Ismael Sinaga mengatakan kesuksesan penyelenggaraan ajang olahraga terbesar di Indonesia tersebut membutuhkan peran dari seluruh elemen termasuk peran masyarakat.

"Kami mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyukseskan PON 2024. Kami membuka rekrutmen relawan PON bagi masyarakat," ujar Ismael Sinaga, di Medan, Kamis.

Dia menjelaskan pada pelaksanaan PON 2024, PB PON Sumut membutuhkan klasifikasi volunter yang akan bertugas sesuai kebutuhan pada ajang nasional tersebut.

Dalam rekrutmen tersebut, kata dia, pihaknya bersama pemangku kebijakan memasifkan sosialisasi sehingga masyarakat mengetahui serta berminat menjadi bagian dari penyelenggara PON 2024 itu.

"Langkah pertama yang diambil adalah mengadakan sosialisasi secara masif terkait PON XXI.Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta sebagai volunteer," kata dia.

Ismael yang juga merupakan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sumut ini mengaku sudah mulai menggencarkan sosialisasi tersebut di sejumlah instansi di wilayah ini.

Selain itu, lanjut dia, Penjabat Gubernur Sumatera Utara juga mengeluarkan surat edaran kepada Bupati/Wali Kota, BUMN, BUMD dan kelompok masyarakat lainnya untuk menggencarkan penyebaran informasi terkait PON 2024.

"Kami telah mensosialisasikan pelaksanaan PON ini melalui jejaring-jejaring yang ada, UPT-UPT, dan juga mengimbau seluruh perusahaan bahwa Sumatera Utara adalah tuan rumah PON XXI tahun 2024," sebut dia.

Ismael berharap volunter yang akan bertugas pada ajang nasional tersebut dapat menjadi sebagai warisan yang membanggakan yang di miliki Indonesia khusususnya Sumatera Utara.

"Kami memiliki visi besar untuk menjadikan gerakan volunteer PON sebagai warisan (legacy) yang membanggakan," kata dia.

Untuk itu, dia mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya generasi muda untuk turut berpartisipasi dalam menyukseskan PON 2024 dengan menjadi volunter.

Sebelumnya, Ketua Harian PB PON Sumut Afifi Lubis mengatakan PB PON Sumut membutuhkan berbagai klasifikasi volunter yang terdiri dari Green Volunteer, Blue Volunteer, dan Yellow Volunteer.

Green Volunteer, kata dia, akan bertugas langsung dalam pelaksanaan ajang. Mereka akan tergabung dalam struktur panitia pelaksana baik sebagai event staff maupun general support.

Nantinya, lanjut dia, Green Volunteer akan terlebih dahulu mendapatkan pembekalan melalui pelatihan yang telah disiapkan khusus untuk mendukung tugas mereka.

"Blue Volunteer adalah mereka yang tetap bekerja, beraktivitas sebagaimana keseharian. Mereka akan disematkan atribut Duta Sumatera Utara yang akan bekerja dalam keramahan budaya Sumut, menyapa dan melayani seluruh tamu yang hadir dalam rangka PON," kata dia.

Sedangkan Yellow Volunteer akan terlibat untuk mendapatkan pengalaman pada ajang olahraga empat tahunan tersebut. Yellow Volunteer akan bergabung dalam gugus-gugus yang datang dari institusi, pendidikan, kepemudaan.

"Masyarakat yang berminat menjadi volunter dapat mendaftar di laman pon2024.id. Pendaftaran akan ditutup pada 31 Juli," ujar Afifi Lubis

Pada pendaftaran tersebut, lanjut dia, PB PON Sumut tidak membatasi kuota bagi masyarakat yang ingin menjadi volunter karena semakin banyak pendaftar akan mempermudah untuk menyelenggarakan ajang olahraga tersebut

"Bagi yang sudah mendaftar akan dilakukan verifikasi pada 1 Juli hingga 1 Agustus, setelah itu akan diberikan pelatihan dan dilakukan penempatan yang akan dimulai 1 Agustus hingga 1 September," kata dia.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024