Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional Sumatera Utara (PB PON Sumut) optimistis progres pembangunan Stadion Utama Sumatera Utara yang menjadi arena upacara penutupan PON XXI Aceh-Sumut rampung akhir Juli 2024.

Sekretaris Umum Armand Effendy Pohan mengatakan Stadion Utama yang tengah dibangun di area Komplek Sumut Sport Center Desa Sena Batangkuis Kabupaten Deli Serdang tersebut berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan.

"Stadion Utama ini diperkirakan akan selesai akhir Juli atau Agustus 2024," ujar Armand Effendy, di Medan, Kamis.

Dia menjelaskan pengerjaan stadion yang berkapasitas 25.750 penonton tersebut akan terus digencarkan sehingga meyakinkan masyarakat tidak ada keterlambatan pada penyelesaian stadion kebanggaan Sumatera Utara itu.

"Rasa khawatir itu dimiliki setiap orang wajar. Tapi saat ini pembangunan Stadion Utama masih sesuai jalur," kata dia.

Armand mengatakan Stadion Utama itu akan dipergunakan pada upacara penutupan PON 2024, sehingga penyelesaian stadion tersebut sangat dapat dilakukan.
 

"Jadi masih ada waktu untuk menyelesaikannya. Seluruh persiapan akan dimaksimalkan ," sebut dia

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, progres pembangunan Stadion Utama di Sumatera Utara (Sumut) guna mendukung PON XXI tahun 2024 di daerah tersebut, telah mencapai 52,16 persen.

"Stadion Utama Sumatera Utara terletak di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang yang dilakukan sejak September 2023 dengan biaya Rp587 miliar. Saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 52,16 persen," ujar Basuki

Menteri PUPR menyebutkan, stadion tersebut dibangun di atas lahan seluas 48.420 meter persegi dengan luas bangunan 27.452 meter persegi.

Stadion itu terdiri dari tiga lantai dan lantai tribun dengan total kapasitas 25.750 penonton. Untuk penonton VIP 365 unit, media 224 unit, reguler 25.115 unit, dan difabel 46 unit.

Sebelumnya, Ketua Harian PB PON Sumut
Afifi Lubis menyebut seluruh persiapan sarana dan prasarana PON 2024 di wilayahnya telah mencapai 75 persen.

"75 persen itu di luar arena-arena. Untuk arena rata-rata sudah hampir selesai. Ada arena yang telah selesai 100 persen," ujar dia.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024