Meski berada di balik jeruji besi, warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan berkarya dengan terus mengukir kreativitas dan salah satunya membuat lampu petromaks kayu. 
 
Kepala Lapas Kelas I Medan Maju Amintas Siburian, di Medan, Kamis (27/6), menyebut pihaknya terus mendorong dan memfasilitasi berbagai kegiatan positif bagi warga binaan.
 
"Warga binaan bisa memilih untuk mengembangkan bakat dan keahliannya selama menjalani pembinaan di Lapas Medan, seperti membuat lampu petromaks kayu," papar dia.

Adapun tujuan pembuatan kerajinan tangan ini, lanjut dia, sebagai bentuk pembinaan sekaligus kemandirian terhadap warga binaan yang dimiliki Lapas Medan. 
 
"Kami selalu siap memfasilitasi berbagai kegiatan positif bagi warga binaan sebagai bekal mereka sebelum kembali ke masyarakat usai menjalani pembinaan," tutur Maju.
 
Kepala Bidang Kegiatan Kerja Lapas Medan Dekki Susanto mengaku, bakat dan keterampilan yang dimiliki warga binaan tersebut dipelajari secara otodidak.
 
Selama menjalani pembinaan di Lapas Medan, lanjut dia, bakat dan keterampilan ini terus diasah melalui program kegiatan pembinaan kemandirian.
 
"Saat ini warga binaan kita sedang menyelesaikan pengerjaan sebanyak 30 buah lampu petromaks kayu, pesanan dari Rumah Detensi Imigrasi Medan," ujar Dekki Susanto.
 

Pewarta: Muhammad Said dan Aris Renaldi Nasution

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024