Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, meminta pengelola wisata untuk melakukan pembenahan dalam berbagai hal guna menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumut-Aceh yang akan berlangsung mulai 8-20 September 2024.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Deli Serdang Ismail di Lubuk Pakam, Sabtu, mengatakan, ribuan atlet dan ofisial dari 38 provinsi di Indonesia akan datang ke Sumatera Utara untuk mengikuti PON 2024.
Tentunya ribuan tamu itu, selain berpartisipasi di PON, diperkirakan juga akan melakukan wisata ke sejumlah objek wisata di Sumatera Utara, termasuk di Deli Serdang, seusai pelaksanaan PON.

Hal tersebut tentunya menjadi peluang besar untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Sumatera Utara, khususnya Deli Serdang yang memang letaknya tidak jauh dari Kota Medan.Terlebih lagi sebagai besar arena PON nanti berada di Deli Serdang.

"Untuk itu kami ajak pengelola pariwisata di Deli Serdang agar berbenah, baik fasilitas terutama pelayanan yang memang menjadi ujung tombak dalam pariwisata. Ini kesempatan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Deli Serdang," katanya.

Kabupaten Deli Serdang yang tidak jauh dari Kota Medan sebagai ibukota Provinsi Sumatera Utara, memiliki banyak objek wisata yang sangat layak untuk dikunjungi, baik itu wisata yang berbasis alam, buatan, atau religi.

Bahkan setidaknya ada 15 desa di Deli Serdang yang mengelola desa wisata, tiga di antaranya mengandalkan wisata sawah.

Tiga desa itu yakni Desa Pematang Johar di Labuhan Deli, Desa Wisata Kampung Lama di Pantai Labu, dan Wisata Sawah Desa Punden Rejo, Kecamatan Punden Rejo dan yang lainnya mengandalkan sumber daya alam baik sungai maupun gunung.

"kami terus berupaya mempromosikan berbagai objek wisata yang ada melalui berbagai cara, baik melalui kegiatan secara langsung, maupun melalui media sosial. tentunya dengan harapan masyarakat luar akan semakin banyak tahu tentang wisata kita dan datang untuk berwisata," katanya.
 

Sebelumnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta Pemerintah Provinsi Aceh dan Sumatera Utara memanfaatkan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 untuk meningkatkan aktivitas pariwisata dan bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Kami sudah berkoordinasi dengan gubernur dan semuanya," ujar Sandiaga.

Pria berusia 54 tahun itu melanjutkan, untuk pariwisata, pihaknya menargetkan adanya peningkatan 25 persen kedatangan wisatawan ke objek-objek wisata andalan Sumut dan Aceh.

Kemudian, terkait UMKM, Sandiaga meminta pemerintah provinsi untuk menghasilkan produk PON 2024 yang cukup supaya semakin banyak masyarakat atau wisatawan yang bisa mendapatkannya.

"Saya menitipkan soal UMKM dan ekonomi kreatif (kepada pemerintah provinsi). Jangan cepat kehabisan seperti PON-PON sebelumnya," kata dia.

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024