Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara Baharuddin Siagian mengatakan kejuaraan penting digelar untuk dijadikan media mengecek kesiapan arena pertandingan yang akan digunakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 mendatang.

Hal itu ia sampaikan saat membuka Kejuaraan Bulu Tangkis "Road to PON XXI Aceh-Sumut 2024" Piala Gubernur Sumut, di Gedung PBSI Sumut, Jalan Willem Iskandar, Deli Serdang, Rabu.

"Kita apresiasi kejuaraan ini, kita memang akan melakukan pengecekan arena PON yang tentunya bisa melalui berbagai kejuaraan yang digelar," katanya.

Selain GOR PBSI Sumut sebagai venue cabang olahraga bulu tangkis PON 2024, venue lainnya juga akan dicek standarisasinya.

"Misalnya di boling, Stadion Madya Atletik, di GOR-GOR yang sedang kita bangun, lapangan futsal, dan lain-lain semua akan kita tes dengan standar-standar yang ditentukan oleh cabor masing-masing melalui technical delegate. Kita sirkulasikan supaya nanti pada saat PON itu semua sudah mengikuti standar-standar yang ditetapkan cabang olahraganya sendiri," katanya.

Baharuddin juga menyatakan bahwa event 'Road to PON 2024' bukanlah hal yang main-main. Menurutnya, perlu adanya evaluasi tentang apa saja yang perlu diperbaiki seperti misalnya di GOR PBSI Sumut, termasuk aspek-aspek yang perlu ditambah atau diperbaiki, mungkin juga penataan ulang di bagian luar.

"Bukan sekadar menyelenggarakan acara lalu selesai, tetapi juga memastikan kesiapan gedung ini untuk menjadi venue PON," kata Ketua Bidang Pertandingan dan Venue Panitia Besar (PB) PON XXI Aceh-Sumut 2024 Wilayah Sumut itu.

Sementara itu dia juga mengapresiasi antusias para pebulutangkis anak-anak hingga taruna yang ikut kejuaraan tersebut yang jumlahnya mencapai lebih dari 600 peserta.

Ketua Panita Kejuaraan Bulu Tangkis 'Road to PON 2024' Piala Gubernur Sumut, Ingan Habibie Pane, dalam laporannya mengatakan, kegiatan pembukaan itu dilakukan sekaligus pembukaan untuk bulu tangkis, futsal dan mini soccer.

"Untuk turnamen bulu tangkis diikuti 656 orang peserta dari 46 klub dan dari 16 kategori, masing-masing anak-anak, usia muda, pemula, remaja dan taruna. Untuk Futsal digelar minggu depan mulai tanggal 20 Juni di Medan dan enam kabupaten kota. Sementara itu mini soccer 22 Juni hingga 14 Juli untuk tiga kategori, yakni SMA, umum dan instansi," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024