Sebanyak 2.155 pencari kerja dan 28 perusahaan nasional dan multinasional mengikuti Universitas Harapan (UnHar) Job Fair 2024 selama dua hari, tercatat 12 -13 Juni 2024 di Aula Yayasan Pendidikan Harapan Medan.

“Ribuan  pencari kerja tercatat di sistem registrasi memadati UnHar Job Fair 2024 dan 28 perusahaan nasional dan multinasional yang ikut bergabung” ucap Rektor UnHar Medan Prof Dr Sriadhi,  di Medan, Jumat.

Kegiatan inin untuk memfasilitasi lulusan perguruan tinggi dalam mendapatkan kesempatan kerja baik lulusan yang masih baru (freshgraduate) maupun yang sudah memiliki pengalaman bahkan terbuka juga untuk program magang bagi mahasiswa yang masih aktif kuliah.

Tidak hanya lulusan perguruan tinggi dari UnHar Prof Sriadhi menambahkan kegiatan job fair juga dihadiri lulusan dari beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta yang berada di Kota Medan.

Selain itu ia berharap kegiatan ini bisa membantu para lulusan dalam mencari pekerjaan dan juga untuk mendapatkan masukan untuk meningkatkan kompetensi lulusan sesuai standar stakeholder sekaligus untuk memenuhi tuntutan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. UnHar Medan berupaya menjadi fasilitator untuk mempertemukan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dengan para lulusan sebagai calon tenaga kerja.

Pada kesempatan lain, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan Illyan Chandra Simbolon, S.STP., M.SP mengatakan kegiatan job fair yang diadakan UnHar ini dapat membantu menurunkan angka pengangguran.

Meskipun menurut dia angka pengangguran di Medan terus mengalami penurunan.

Lebih lanjut  dia menjelaskan Disnaker Kota Medan juga memiliki program untuk mendorong para lulusan agar menciptakan lowongan kerja melalui wirausaha sebagai contoh wirausaha di bidang IT.

Selain itu pihaknya juga telah memiliki aplikasi siduta untuk memuat berbagai informasi ketenagakerjaan kota Medan. Disnaker Kota Medan juga bekerjasama dengan Balai besar SDM di bawah Kominfo untuk memfasilitasi masyarakat dalam pelatihan-pelatihan ketenagakerjaan.

Selain job fair  juga dilaksanakan kegiatan seminar “Job Opportunity” bagi mahasiswa UnHar Medan,

Pewarta: Akung

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024