Kecamatan Medan Johor, Kota Medan dinobatkan sebagai Kecamatan Terbaik I tingkat Provinsi Sumatera Utara Kategori Kota 2023.

Pj Gubernur Sumut Hassanudin menyerahkan Tunggul Kecamatan Terbaik I kepada Medan Johor dalam penyerahan Tunggul Kecamatan Terbaik tingkat Provinsi Sumut Kategori Kota 2023, di Medan, Kamis.

Selain tunggul, penghargaan lainnya diterima Chandra Dalimunthe (Camat Medan Johor), yakni plakat, piagam dan dana pembinaan dari Pemerintah Provinsi Sumut.

"Penilaian kecamatan terbaik ini merupakan wadah memantau kinerja para camat dan jajarannya dalam menyelenggarakan pemerintahan di kecamatan," kata Hassanudin.

Selain itu, lanjut dia, penilaian ini juga untuk mengetahui sejauh mana peran aktif camat mendukung dan menjalankan program kerja yang telah ditetapkan.

Sedangkan Kecamatan Terbaik II tingkat Provinsi Sumatera Utara Kategori Kota 2023 diraih Binjai Timur, Kota Binjai, dan Sibolga Sambas, Kota Sibolga sebagai Kecamatan Terbaik III.

"Penilaian ini tentunya tidaklah semata-mata sebagai perlombaan, namun lebih jauh sebagai upaya pembinaan sumber daya aparatur," paparnya.

Juga merupakan evaluasi serta memotivasi para camat untuk memacu kinerja perangkat kecamatan secara komprehensif dan terpadu, jelas Hassanudin.

Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut kebanggaannya atas prestasi diraih Kecamatan Medan Johor menjadi Kecamatan Terbaik I tingkat Provinsi Sumatera Utara Kategori Kota 2023.

Pihaknya menyatakan, tentu pencapaian ini bukanlah sesuatu yang diraih dengan mudah. Butuh proses panjang, kerja keras dan sinergi berbagai pihak untuk bisa mencapai titik ini.

"Keberhasilan diraih Medan Johor merupakan bukti nyata kerja keras, dedikasi dan komitmen yang ditunjukkan seluruh aparat kecamatan dan masyarakatnya," jelas Bobby.

Candra Dalimunthe (Camat Medan Johor) yang telah menjabat Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Medan mengaku inovasi yang dilakukan Medan Johor tetap mengedepankan lima program prioritas.

Kelima program prioritas Pemkot Medan, yakni penanganan di bidang kesehatan, infrastruktur, banjir, kebersihan dan pembenahan heritage dengan pemberdayaan UMKM.

"Menjalankan program prioritas tersebut, kita berkolaborasi dengan Danramil, Kapolsek dan tokoh masyarakat. Program prioritas pak wali kota, kita buat inovasi di kecamatan," ujar dia.

Seperti stunting (kekerdilan), Kecamatan Medan Johor memiliki program Johor Peduli Stunting dengan memberikan makanan tambahan langsung kepada anak stunting, jelas Chandra.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024