Desa Sorimanaon, Kecamatan Angkola Muaratais, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) masuk nominasi enam besar penilaian lomba desa terbaik tingkat Sumatera Utara tahun 2024.

"Alhamdulillah, mudah-mudahan Desa Sorimaon bisa menjadi yang terbaik di Sumut," Bupati Tapsel Dolly Pasaribu, Sabtu.

Menurut Bupati, lomba desa seperti ini penting, karena tidak lepas dalam rangka mendorong akselerasi pembangunan Tapsel yang berkelanjutan mewujudkan masyarakat sehat, cerdas, dan sejahtera.

Diketahuinya Desa Sorimanaon masuk nominasi enam besar setelah adanya pemberitahuan dari Dinas PMD Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sumut.

"Rabu 12 Juni mulai kepala desa, TP PKK, LPM, PMD, diundang ke Medan, untuk seleksi lanjutan lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Sumut 2024," Kadis PMD Tapsel M.Yusuf menimpali.

Sebelum berangkat seleksi ke Medan, lanjut Yusuf, pihaknya terus melakukan konsolidasi dengan pemerintahan Desa Sorimanaon.

"Mari sama-sama kita doakan, sesuai harapan Pak Bupati, semoga dengan persiapan matang nantinya Desa Sorimanaon bisa berhasil menjadi yang terbaik," ujar Yusuf.

Terpisah Kepala Desa Sorimanaon, Azwar Anas, menyatakan pihaknya tengah siap untuk seleksi penilaian lomba agar bisa juara di 2024.

Adapun yang dinilai dalam lomba kali ini, lanjut Azwar di antaranya terkait inovasi desa, pelayanan masyarakat desa, administrasi desa, sarana dan prasarana desa, keberadaan PKK desa, dan lainnya.

Berikut enam desa dan tiga kelurahan yang masuk nominasi lomba yakni  Desa Sorimanaon (Tapsel), Desa Tanjung Rejo (Deli Serdang), Desa Baru Pasar VIII (Langkat), Desa Hassa Parlompongan (Asahan), Desa Pangombusan (Toba), Desa Kuala Tanjung (Batubara).

Untuk kelurahan, ada Kelurahan  Belawan Sicanang (Kota Medan), Kelurahan Deli Tua Barat (Deli Serdang), dan Kelurahan Sendang Sari (Asahan).

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024