PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional I Sumatera Utara menghadirkan sejumlah UMKM binaan pada Festival Jelajah Kuliner Nusantara 2024 yang digelar Kota Medan pada Jumat (31/5) hingga Minggu (2/6).

Manajer Humas KAI Divre I Sumut Anwar Solikhin di Medan, Sabtu, mengatakan pada Festival Jelajah Kuliner Nusantara tersebut, KAI Divre I Sumut menghadirkan 9 UMKM binaan yang produknya dapat dinikmati para pengunjung sambil menikmati hiburan yang menampilkan pertunjukan musik oleh artis nasional Idgitaf dan Stevan Pasaribu.

Serta penampilan musik tradisional Batak Karo yaitu Kulcapi dari Jacky Sembiring dan penampilan memasak secara langsung oleh Yulita Master Chef Indonesia Season 5.

Adapun UMKM binaan KAI Divre I Sumut itu adalah Rumah Kreashie (Siomay), Vienskitchen (Nasi Soto Medan, Mi Balap Medan, Naniura, Lappet Pulut, Pohul Puhul, Big Manggo), Dapur Mama Zabdan (Rujak Serut, Minuman Lime Kestury, Keripik Kentang Kriuk, Kentang Mustofa), Takoyaki Ajiiib (Takoyaki).

Kemudian Warung Qu (Korean Snack), AR Juice dan Pop Ice (Produk Fresh Drink), Ma'rie Fruit Salad (Salad Buah), ROWTEA (Ice Cream, Es Teh Dumbo, Peyek) dan She Manis (Jus Buah, Thai Tea Greentea, Smoothies, Buah Potong, Salad Buah, Salad Roll).



"KAI berkomitmen untuk terus mendorong para pelaku UMKM agar dapat naik kelas. Pada periode tahun 2021 hingga 2024, KAI Divre I Sumut telah menyalurkan bantuan kepada para UMKM binaan senilai Rp320 juta," katanya.

Acara Jelajah Kuliner Nusantara dengan tagline "Petualangan Kulinermu Dimulai dari Sini" tersebut, sebelumnya juga telah sukses digelar di Kota Bandung pada Jumat (24/5) hingga Minggu (26/5).

Kegiatan tersebut merupakan hasil kolaborasi antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan Kementerian BUMN serta sejumlah BUMN lain yang bertujuan untuk menghadirkan keautentikan sajian kuliner khas Nusantara dan menciptakan pengalaman kuliner yang tidak terlupakan bagi masyarakat.

Selain dapat meningkatkan omzet bagi para UMKM, kegiatan Jelajah Kuliner Nusantara tersebut juga dapat memperkenalkan produk UMKM ke cakupan yang lebih luas.

"Melalui kegiatan itu, KAI mendorong minat masyarakat agar berbelanja produk yang dihasilkan oleh UMKM sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian nasional," katanya.

Anwar menambahkan guna meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan jasa angkutan kereta api sekaligus menyukseskan ajang Jelajah Kuliner Nusantara, KAI Divre I Sumut juga memberikan diskon tarif tiket KA Sribilah Utama sebesar 10 persen.

Pembelian tarif diskon ini hanya dapat dilakukan di booth KAI selama acara berlangsung pada tanggal 31 Mei hingga 2 Juni 2024 dan berlaku untuk keberangkatan sampai dengan H-45.

Tarif diskon ini tidak berlaku reduksi (kecuali reduksi infant) serta tidak berlaku tarif khusus dan/atau diskon lainnya. Bagi pelanggan yang membeli tiket dengan tarif diskon ini juga dapat melakukan pembatalan dan ubah jadwal sesuai aturan yang berlaku di KAI.

"Diharapkan melalui kegiatan ini, mampu meningkatkan animo masyarakat untuk melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi kereta api yang aman, nyaman, dan selamat," katanya.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KAI Sumut hadirkan UMKM binaan di Festival Kuliner Nusantara 2024 

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024