Penjabat Bupati Langkat M. Faisal Hasrimy mengingatkan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk menjaga integritas dan muruah demokrasi saat menjalankan tugas pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

"Mari sama-sama menjaga integritas, muruah dan lambang negara diberikan kepada kalian. Semoga kita bisa bersama-sama menyelesaikan tugas berat ini dengan lancar," kata Faisal saat pelantikan 831 orang anggota PPS untuk Pilkada Serentak 27 November 2024 di Stabat, Langkat, Sumatera Utara, Senin.

Ia mengatakan salah satu tugas penjabat bupati Langkat adalah menjalankan Pilkada 2024 dengan baik. Untuk itu, semua pihak diharapkan bersama-sama berpartisipasi demi kelancaran Pilkada 2024 dan partisipasi pemilih dapat semakin meningkat dari sebelumnya.

"Terima kasih saya ucapkan kepada anggota PPS yang baru dilantik karena sudah ikut membantu menjalankan tugas seorang penjabat bupati Langkat. PPS juga merupakan salah satu ujung tombak keberhasilan pilkada nanti," katanya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Langkat Dian Taufik Ramadhan mengatakan pelantikan 831 orang anggota PPS itu berdasarkan Surat Keputusan KPU Langkat Nomor 924 Tahun 2024. Mereka akan bertugas di 277 desa dan kelurahan.

"Setelah pelantikan, kalian dihadapkan dengan tugas-tugas yang telah menunggu. Saya berharap jalankan tugas dan amanah ini dengan sebaik-baiknya sehingga nantinya tercipta pilkada yang aman dan lancar," katanya.

Sebelumnya, Koordinator Divisi SDM dan Litbang KPU Provinsi Sumatera Utara Robby Effendy meminta seluruh anggota PPS untuk memperkuat koordinasi dengan pemangku kebijakan terkait lainnya karena mewujudkan pesta demokrasi yang sukses membutuhkan peran dari semua pihak.

"Tetap pelihara kerja sama dan koordinasi yang baik dengan semua pemangku kepentingan di setiap tingkatan," katanyaa.

Robby menjelaskan pada Pilkada 2024, Sumatera Utara membutuhkan sebanyak 18.330 orang anggota PPS dengan rincian laki-laki sebanyak 11.703 orang dan perempuan 6.627 orang.

"Jumlah tersebut sesuai dengan jumlah kelurahan dan desa yang ada di Sumut," ujarnya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024