Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sumatera Utara (PMPTSP Sumut) Faisal Nasution mengatakan, Pekan Inovasi dan Investasi Sumut (PIISU) ke-10 yang digelar 15-18 Mei 2024 dapat menjawab keingintahuan pelaku usaha.

"Di sana, pelaku usaha bisa mengetahui inovasi apa yang ada dari masing-masing instansi atau pemerintah kabupaten dan kota di Sumut," ujar Faisal di Medan, Rabu.

Dengan begitu, dia melanjutkan, pelaku usaha dapat memetakan dengan baik peluang mereka untuk menanamkan modalnya.

Misalnya, kata Faisal, ada inovasi di sektor pertanian. Ketika melihat itu, pelaku usaha dapat berpartisipasi dalam peningkatan dan pemenuhan kebutuhan dari kejadian terobosan tersebut.

"Kesempatan itu bisa ditangkap oleh pelaku usaha," tutur dia.

Meski demikian, Faisal menegaskan bahwa pihaknya tidak menargetkan nilai tertentu untuk investasi di PIISU.

Menurut dia, PIISU ditujukan untuk memamerkan inovasi-inovasi daerah di Sumut yang selanjutnya dapat ditindaklanjuti dalam bentuk kerja sama.

PIISU ke-10 digelar di pelataran parkir Istana Maimun, Medan. Acara tersebut dibuka oleh Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin pada Rabu (15/5).

Dalam suasana PIISU, Hassanudin pun mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan dan menyukseskan kegiatan tersebut dengan meningkatkan kerja sama, kemitraan serta memperluas jaringan usaha dan kreativitas inovasi untuk Sumatra Utara.

Dia juga berharap, dukungan dan sinergi dari semua pihak baik untuk mendorong peningkatan investasi hijau melalui pengembangan produk hilirisasi, khususnya perkebunan, pangan, dan pengolahan sumber daya alam.

Investasi hijau, sebut Pj Gubernur Sumut, demi mendukung program Pemerintah Pusat yakni nol emisi karbon pada 2060 yang perlu untuk mencegah peningkatan suhu global dan dampak negatifnya terhadap cuaca, ekosistem dan kehidupan.

Adapun PIISU ke-10 diikuti 47 peserta yang terdiri atas kementerian, organisasi perangkat daerah provinsi (OPD), OPD kabupaten dan kota, BUMD, perguruan tinggi, rumah sakit, perbankan, UMKM dan lain-lain.

Nilai investasi Sumatera Utara pada triwulan I 2024 tercatat Rp10,13 triliun, terdiri atas penanaman modal dalam negeri (PMDN) Rp6,37 triliun dan penanaman modal asing (PMA) Rp3,76 triliun.

Sesuai Rencana Pembangunan Daerah (RPD), Pemprov Sumut menargetkan realisasi investasi sebesar Rp40,35 triliun pada tahun 2024.

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024