Pj Sekda Kota Medan Topan Obaja Putra Ginting menegaskan bahwa pembangunan Islamic Centre di Jalan Rawe III, Kelurahan Tangkahan, Medan Labuhan, harus selesai tepat waktu.
 
"Islamic Centre harus sesuai rencana, dan selesai tepat waktu yang telah ditetapkan," kata Topan usai pertemuan dengan pihak pelaksana pembangunan Islamic Center di Medan, Rabu.
 
Dia mengungkapkan apa yang menjadi kendala dalam pembangunan Islamic Center yang resmi dimulai pada 22 Mei 2023 harus segera diselesaikan.
 
Pihaknya cuma ingin memastikan bahwa pembangunan Islamic Centre yang dijadikan wadah peradaban Islam dan destinasi wisata religi itu berjalan dengan baik.
 
"Pak Bobby Nasution telah mengamanatkan kepada saya membereskan permasalahan keterlambatan dalam pekerjaan proyek ini," tegas dia.
 
Topan juga meminta semua pihak terkait agar saling berkomunikasi dan mengenyampingkan ego sektoral dalam mendukung percepatan pembangunan Islamic Centre ini.
 
Selain itu, semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan proyek tersebut harus memiliki komitmen yang tinggi agar pembangunan berjalan dengan baik.
 
"Saya targetkan hari Jumat ini permasalahan pembangunan Islamic Centre dapat selesai," tutur Topan didampingi Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (Perkim Cikataru) Kota Medan Alexander Sinulingga.
 
Data Dinas Perkim Cikataru Kota Medan menyebutkan pembangunan Islamic Centre menggunakan skema tahun jamak APBD Kota Medan 2023 dan 2024 sebesar Rp402 miliar.
 
"Saya minta Dinas Perkim Cikataru mengawasi dan memfasilitasi para pihak yang terlibat dalam pembangunan ini," jelasnya.
 
Dia juga menambahkan, jika terdapat kendala di lapangan, maka pihak terkait diminta untuk memberikan alternatif penyelesaian.
 
"Jadi suatu permasalahan tersebut, tidak mengganggu progres pembangunan Islamic Centre ini," papar Topan.
 
Wali Kota Medan Bobby Nasution pada pertengahan Maret lalu terlihat emosi ketika meninjau pembangunan Islamic Centre karena pekerja proyek ini cuma lima orang.
 
Pihaknya lantas berbicara dengan nada tinggi kepada seorang pekerja yang diduga merupakan pegawai PT Waskita Karya sebagai pemenang tender proyek tersebut.
 
"Lima orang, normalnya?," ungkap Bobby di lokasi proyek Islamic Centre.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024