Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara menggelar lomba kelurahan tingkat Kota Medan yang dimulai dengan penilaian administrasi.
 
"Penilaian administrasi ini berlangsung selama lima hari sampai 26 April 2024," ucap Kabag Tata Pemerintahan Setda Kota Medan Subhan Fajri Harahap di kantor Wali Kota Medan, Senin.
 
Dalam tahapan penilaian administrasi, lanjut dia, setiap kelurahan menyampaikan tentang potensi kelurahan dengan capaian pajak bumi dan bangunan (PBB).
 
Kemudian keunggulan maupun inovasi serta ekspose TP PKK kelurahan yang dinilai oleh tim penilai terdiri atas perangkat daerah di lingkungan Pemkot Medan.
 
"Kegiatan penilaian kelurahan ini secara rutin dilakukan setiap tahun, dan merupakan bagian manajemen tata kelola pemerintah kelurahan," ungkap dia.
 
Pihaknya menyebutkan perlombaan ini akan menilai, di antaranya pemerintah kelurahan sesuai lima program prioritas Pemkot Medan, dan pelayanan yang diberikan sudah bisa dinikmati masyarakat.
 
Sebanyak 21 kelurahan mewakili 21 kecamatan se-Kota Medan sesuai dengan keputusan camat setempat yang menetapkan pemenang pertama lomba kelurahan di tingkat kecamatan.
 
Adapun 21 kelurahan mengikuti perlombaan kelurahan tingkat Kota Medan 2024, yakni Padang Bulan di Medan Baru, Pasar Merah Timur di Medan Area, Silalas di Medan Barat dan Timbang Deli di Medan Amplas.
 
Kemudian Sicanang di Medan Belawan, Mabar di Medan Deli, Tegal Sari Mandala I di Medan Denai, Helvetia Tengah di Medan Helvetia, Titi Kuning di Medan Johor, Teladan Barat di Medan Kota), Sei Mati di Medan Labuhan, dan Kampung Baru di Medan Maimun.
 
Lalu Tanah Enam Ratus di Medan Marelan, Sei Putih Barat di Medan Petisah, Anggrung di Medan Polonia, Sei Kera Hilir II di Medan Perjuangan, Beringin di Medan Selayang, Tanjung Rejo di Medan Sunggal, Tembung di Medan Tembung, Pulo Brayan Darat I di Medan Timur, dan Mangga di Medan Tuntungan).
 
"Lomba ini untuk mengetahui program kerja pemerintah kelurahan, peningkatan lembaga masyarakat, meningkatkan motivasi dan swadaya masyarakat di tingkat kelurahan," kata Subhan.
 
Dijelaskannya pelaksanaan perlombaan kelurahan ini terdiri atas dua tahapan, yakni penilaian administrasi dan cek lapangan yang akan dilakukan pada 29 April 2024.
 
"Ada 21 kelurahan masing-masing kecamatan akan diambil enam kelurahan yang masuk ke tahap selanjutnya, dan di antara kelurahan itu ditetapkan sebagai pemenang lomba," tutur Subhan.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024