Kepolisian Resor Pelabuhan Belawan Medan, Sumatera Utara, menyiagakan sebanyak 312 personel untuk mengamankan arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Ada empat pos pengamanan, yakni di kawasan Marelan, Simpang Buaya, Desa Klambir Lima, serta pos terpadu di Dermaga Bandar Deli," ujar Kepala Polres Pelabuhan Belawan AKBP Janton Silaban saat meninjau pos pengamanan di Medan, Senin.

Janton mengatakan kunjungan tersebut untuk melihat kesiapan dan kinerja maksimal dari seluruh personel yang bertugas di pos pengamanan dan pos terpadu.

"Selain itu, personel diharapkan dapat membantu arus mudik dan balik Lebaran tahun ini dapat berjalan dengan aman, lancar, dan tertib," ucapnya.

Kapolres mengapresiasi kerja keras dan komitmen para petugas dalam menjalankan tugas pengamanan. Selain itu, personel juga harus menjaga profesionalitas, kewaspadaan dan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

"Dengan adanya pengecekan dan dukungan ini diharapkan semangat dan motivasi para petugas semakin meningkat sehingga mereka dapat melaksanakan tugas dengan baik dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat maupun pengguna jasa transportasi," tuturnya.

Pada Sabtu (6/4), Polres Pelabuhan Belawan juga melakukan pemeriksaan urine terhadap awak kapal KM Kelud dan sopir bus di Dermaga Bandar Deli untuk memastikan mereka bebas narkoba.

Hal ini penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan serta memastikan keamanan para pemudik yang menggunakan transportasi umum pada Sabtu (6/4).

Dari sembilan awak Kapal Kelud dan lima sopir bus yang diperiksa hasilnya menunjukkan bahwa seluruhnya negatif menggunakan narkoba. Langkah ini untuk memberikan kepercayaan dan rasa aman kepada para penumpang yang akan menggunakan transportasi umum.

Sebelumnya, pada Operasi Ketupat Toba 2024, Polda Sumut mengerahkan sebanyak 12.092 personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI dan pemerintah daerah.
 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024