PT PLN Indonesia Power (IP) Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Labuhan Angin, menyerahkan bantuan paving blok hasil pemanfaatan fly ash dan bottom ash (FABA), ke Pos Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) Pangkalan TNI AL Sibolga, di Kelurahan Kalangan, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli TengahTapanuli Tengah,  Sabtu (06/04).

Officer Sipil Sarana dan Fasilitas PT PLN Indonesia Power (IP) Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Labuhan Angin. Bongot Tua Sinaga menyampaikan, limbah batu bara tidak lagi masuk dalam kategori limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) menyusul terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021, tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. 

Limbah batu bara yang dikeluarkan dari kategori B3, limbah abu sisa proses pembakaran batu bara di pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) pemanfaatan fly ash dan bottom ash (FABA) atau dari kegiatan lain yang menggunakan teknologi selain stocker boiler dan tungku industri.

"Kegiatan kita hari ini merupakan bentuk program kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan oleh PT PLN Indonesia Power UBP Labuhan Angin," ujar Bongot.

Lanjutnya, sebelumnya juga pemanfaatan fly ash dan bottom ash (FABA) hasil dari abu sisa proses pembakaran batu bara di pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) telah dipergunakan untuk pembuatan perbaikan jalan  (Groundbreaking) Labuhan Angin, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah.

"Hari ini kita berikan 1000 Paving Blok untuk Pos Binpotmar Pandan yang bahan bakunya dari fly ash dan bottom ash (FABA) guna mempekuat sinergi dengan TNI AL Sibolga bersama PT PLN Indonesia Power, semoga dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhan di Pas Binpotmar," ungkapnya.

Di kesempatan tersebut, Danlanal Sibolga, Letkol Laut (P) Robiyan menyampaikan, terimakasih atas bantuan paving blok yang diberikan oleh PT PLN Indonesia Power (IP) Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Labuhan Angin.

"Kegiatan ini sebagai bentuk sinergi kita bersama UBP Labuhan Angin, bantuan paving blok nantinya dipergunakan untuk membuat pelataran di pos Binpotmar Angkatan Laut, bersama PLN Indonesia Power UBP Labuhan Angin kita terus berkomitmen untuk mendukung penggunaan energi terbarukan dan pengelolaan limbah secara efisien dengan konsisten dan berkesinambungan," ucapnya.

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan tersebut, dapat membangun hubungan baik bersama masyarakat sekitar.

"Ke depannya dan seterusnya hubungan baik kita dapat lebih akrab dengan masyarakat sekitar, serta bisa mempublikasikan pos ini dengan masyarakat dan masyarakat juga bisa mengetahui  bahwa ada pos Angkatan Laut yang berada di desa mereka," katanya.

Pewarta: Tamy Arfandhi Sianturi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024