Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, melarang masyarakat agar tidak menyalakan petasan selama bulan Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri tahun 2024 demi menjaga rasa aman, tertib, dan nyaman serta mencegah terjadinya potensi kebakaran.

"Kita meminta kepada pemerintah kecamatan untuk menyampaikan kepada warganya masing-masing untuk tidak menyalakan petasan ataupun kembang api karena dapat mengganggu kekhusyukan orang yang beribadah dan itu juga dapat menimbulkan potensi kebakaran," ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Mandailing Natal, Yuri Andri di Panyabungan, Kamis.

Ia menyebutkan demi menciptakan suasana yang tenteram, tertib, aman, nyaman, dan khidmat selama bulan suci Ramadhan hingga hari Raya Idul Fitri itu tentunya tidak terlepas dari peran para orang tua dengan memberikan pemahaman kepada anaknya.

"Biasanya di malam menjelang  menjelang lebaran (malam takbiran) banyak warga yang menyalakan petasan, ini kan berpotensi menyebabkan kebakaran. Kita berharap para orang tua bisa memberikan pemahaman kepada anak-anaknya," katanya.

Sementara kepada para pemudik, ia juga mengimbau agar selalu mengecek rumahnya masing-masing dari hal-hal yang membuat potensi terjadinya kebakaran sebelum melakukan perjalanan mudik.

Misalnya dengan melepas regulator kompor gas dan memperhatikan keamanan instalasi listrik demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti korsleting listrik.

"Kalau pulang kampung rumahnya dititipkan ke tetangga sehingga bila terjadi hal yang tidak diinginkan lebih mudah diantisipasi," jelas Yuri.

Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran tersebut, Satpol PP Madina telah menyiagakan personelnya selama 24 jam.

"Untuk kesiapsiagaan tim kebakaran kita tetap standby 24 jam," katanya.
 

Pewarta: Juraidi dan Holik

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024