Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan, Sumatera Utara (Sumut), bersama sejumlah pemangku kepentingan menggelar operasi pasar murah di empat lokasi sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dalam menghadapi Ramadhan dan menjelang Lebaran.

Kepala Dinas koperasi Perdagangan dan Perindustrian Asahan Ilham, di Kisaran, Senin, mengatakan operasi pasar tersebut digelar di sejumlah lokasi, agar lebih cepat menjangkau masyarakat yang memang membutuhkan berbagai kebutuhan pokok seperti beras, minyak dan gula.

Lokasi pasar murah tersebut yakni di Kelurahan Bunut Barat, Kecamatan Kisaran Barat dilaksanakan pada 25 Maret 2024, kemudian di Desa Sei Alim Ulu, Kecamatan Air Batu pada 26 Maret 2024, dan Desa Air Teluk Kiri Kecamatan Teluk Dalam 27 Maret 2024, serta Sei Kamah I, Kecamatan Sei Dadap pada 28 Maret 2024.

"Operasi pasar ini bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Asahan dan bahan dibantu oleh pihak Bulog Sintong Abadi, Jampalan Baru, dan Tiga Putri. Kepada warga kami minta dapat memanfaatkan dan membeli bahan di operasi pasar ini sesuai kebutuhan jangan berlebih lebihan," katanya pula.

Sekda Asahan John Hardi Nasution menyebutkan operasi pasar memang perlu digelar sebagai upaya memenuhi permintaan kebutuhan bahan pokok di masyarakat yang memang cenderung terus meningkat. Dampaknya pada kenaikan harga yang tinggi, sehingga mengurangi daya beli masyarakat terutama dari kalangan keluarga kurang mampu.

Terkait hal tersebut, maka pemkab setiap tahunnya menggelar operasi pasar yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang relatif terjangkau.

"Operasi pasar ini, kami tidak memberi subsidi terhadap produk yang dijual tetapi memotong rantai distribusi dengan memfasilitasi masyarakat agar dapat bertransaksi langsung dengan produsen, supaya masyarakat bisa mendapat kemudahan belanja bahan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah," katanya lagi.

Muslimin (42), salah seorang warga mengaku sangat terbantu dengan adanya operasi pasar yang digelar Pemkab Asahan tersebut, karena masyarakat akan mendapatkan berbagai kebutuhan pokok dengan harga murah atau di bawah rata-rata harga pasar.

"Operasi pasar ini sangat membantu masyarakat seperti kami ini. Apalagi menjelang Lebaran ini pasti harga-harga kebutuhan pokok seperti minyak, gula, tepung, beras, dan lainnya mulai merangkak naik," katanya pula.

Pewarta: Juraidi dan indra

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024