Legenda gulat Sumatera Utara, Joshua Sinurat, memberikan pesan khusus kepada atlet daerah itu, khususnya para pejudo yang saat ini tengah melakukan persiapan untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024.

"Kalau mau berhasil dan sukses, harus jauh-jauh hari bangun motivasi di diri sendiri. Begitu juga kalau mau berhasil di PON nanti harus punya motivasi yang kuat," katanya di Medan, Kamis.

Latihan yang keras setiap hari, dinilai hanya sebagai penopang untuk meraih keberhasilan. Apa yang dilakukan itu akan percuma jika tidak diimbangi dengan adanya motivasi yang keras dari diri sendiri.

"Soal peralatan latihan maupun lainnya, itu hanya pendukung saja. Yang paling utama adalah bagaimana bisa memanajemen diri sendiri, sehingga target yang hendak dicapai dapat diwujudkan," katanya.

Joshua yang lahir di Aek Kanopan 1966 silam berujar, atlet harus punya tekad tinggi menggapai cita-cita. Peraih enam emas PON ini juga menekankan pentingnya kerja keras bila mau sukses.

"Motivasi saya dulu adalah saya ingin terkenal. Caranya berprestasi lewat olahraga. Saya bangun motivasi saya sendiri. Saya lihat juara dunia dan jadikan inspirasi," terang Joshua.

Joshua menceritakan, dia memang mengimpikan betul menjadi orang terkenal dan membuat keluarganya senang. Makanya, dia menekatkan diri setamat SMP pada 1983 lalu untuk merantau ke Medan. Tujuan utamanya untuk menimba ilmu dan bakat olahraganya.

Jalan yang dipilih Joshua tepat. Lewat kerja keras dan disiplin, prestasi datang menghampiri.

Enam medali emas PON jadi bukti. Mulai dari PON 1989 dapat 1 emas, PON 1992 dapat 2 emas, PON 1996 2 emas juga dan PON 2000 dapat 1 emas.

Sebelumnya, terkait cabang olahraga gulat di PON mendatang, Kabid Binpres PGSI Sumut Daslan Gultom mengatakan, gulat akan mempertandingkan 21 nomor. Artinya, akan ada 21 medali emas yang diperebutkan, namun mereka memasang target medali 1 emas, 3 perak dan 5 perunggu.

"Target ini mengingat hasil Kejurnas yang baru diikuti, Sumut meraih 3 perak dan 10 perunggu. Ini adalah target yang paling realistis, meskipun sangat mungkin sebagai tuan rumah, dengan dukungan masyarakat Sumut, kita mampu meraih lebih dari itu," katanya.

Untuk menuju PON 2024 pihaknya sudah melakukan beberapa hal, yakni pelatihan jangka panjang yang dimulai sejak Januari 2023. Kemudian melakukan pemusatan tempat tinggal atlet, melakukan try in berupa kejuaraan daerah dan try out ke luar negeri.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024