Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Sumatera Utara memasang target dua medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 dan untuk itu persiapan terus dimatangkan, termasuk dengan menggelar uji coba ke luar daerah.

Ketua Umum Pengprov FOPI Sumut, Dr Liliana Puspa Sari di Medan, Minggu, mengatakan para atlet yang saat ini sudah menjalani pemusatan latihan untuk persiapan menghadapi PON terus digeber, baik fisik maupun teknik permainan.

Atlet latihan sepuluh sesi selama sepekan sesuai arahan dari KONI Sumut. Untuk latihan teknik di pusatkan di Lapangan Kampus STOK Bina Guna dan untuk latihan fisik di lakukan di Kampus Unimed.

"Target kita bisa membawa pulang sedikitnya dua medali emas. Persiapan terus kita maksimalkan. Untuk pertandingan petanque sendiri di PON mendatang akan dimainkan di Aceh," katanya.

Cabang olahraga petanque PON 2024 yang akan digelar di Aceh mempertandingkan 13 nomor, yakni, shooting man - woman, single man - woman, double man - woman, triple man - woman, beregu man, woman, serta nomor campuran yang terdiri dari double, triple 2 putra - 1 putri dan triple 1 putra - 2 putri.

Lili menuturkan, persaingan petanque di PON nanti sulit diprediksi, mengingat perkembangan semua provinsi merata. Namun, menilik hasil Kejurnas Petanque Master Series Piala Rektor Unesa Surabaya 2023, Jatim dan Bali mendominasi.

"Persaingan petanque sekarang ini sudah merata dan kami melihatnya berbeda-beda dengan tiap-tiap provinsi. Persaingan utama itu, Jatim, Aceh dan Bali. Kita sudah menyiapkan agenda try out ke Thailand, karena di sana petanque sudah cukup maju," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024