Di tahun 2024, Pemerintah Desa (Pemdes) Tabuyung, Kecamatan Muara Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal bakal memberikan bantuan beasiswa bagi siswa berprestasi yang ada di desa itu.

Program pembangunan desa dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM) melalui sektor pendidikan ini merupakan yang pertama di Kabupaten Madina.

Kepala Desa Tabuyung, Zia Ul Haq kepada ANTARA, Rabu (6/3) mengatakan, pemberian beasiswa bagi siswa-siswi berprestasi ini merupakan sebuah langkah progresif yang dilakukan oleh pemerintahan desa didalam meningkatkan motivasi dan semangat belajar para siswa. Dengan harapan generasi yang lebih berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun global.

Zia menyebut, pembiayaan program beasiswa ini nantinya bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2024.

"Anggarannya sudah diplot di APBDes. Kita menunggu perealisasiannya saja. Tahun ini akan direalisasikan," ujarnya.

Menurut dia, program beasiswa ini selain membawa dampak positif bagi siswa, juga diyakini membawa dampak bagi perkembangan pendidikan di wilayah tersebut secara keseluruhan.

"Beasiswa prestasi ini tidak hanya sekadar program kecil, tetapi sebuah komitmen serius untuk mendukung pendidikan unggul di Desa Tabuyung," ungkap dia.

Dia menjelaskan, bantuan beasiswa ini nantinya akan dibagikan kepada siswa berprestasi ditingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pada Desa Tabuyung sendiri afa sejumlah lembaga pendidikan, yakni dua sekolah dasar, yaitu SD Negeri 381 Tabuyung dan SD Negeri 392 Tabuyung, SMPN 6 Muara Batang Gadis, MTSS Hubbul Wathan Tabuyung, dan SMKN 1 Muara Batang Gadis. 

"Ini menandakan bahwa inisiatif beasiswa prestasi tidak hanya menyentuh satu sekolah, tetapi melibatkan beberapa lembaga pendidikan di wilayah tersebut," jelas dia.

Dia pun berharap dengan adanya program itu nantinya dapat mendorong semangat belajar siswa-siswi untuk terus meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik.

Selain itu, ini juga menjadi bentuk apresiasi dari pemerintah desa kepada para pelajar yang telah berusaha keras untuk meraih prestasi di bidang pendidikan.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024